Penerapan model cooperative learning tipe word square untuk meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik dalam mata pelajaran IPA: Penelitian tindakan kelas pokok bahasan Kelestarian dan pemeliharaan alam di kelas IIIMIS Hegarmanah Kabupaten Ciamis

Jenab, Siti (2017) Penerapan model cooperative learning tipe word square untuk meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik dalam mata pelajaran IPA: Penelitian tindakan kelas pokok bahasan Kelestarian dan pemeliharaan alam di kelas IIIMIS Hegarmanah Kabupaten Ciamis. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (631kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (371kB)
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB)

Abstract

Tujuan penelitian yang akan dicapai pada penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar kognitif peserta didik sebelum menerapkan model Cooperative Learning tipe Word Square, gambaran proses penerapan model Cooperative Learning tipe Word Square, dan hasil sesudah diterapkan model Cooperative Learning tipe Word. Penelitian ini didasarkan dalam kajian teoritis yang menyatakan bahwa model pembelajaran Cooperative Learning tipe Word Square ini, peserta didik tidak hanya diajak untuk belajar, namun diselipkan dengan bermain yang membuat peserta didik tidak mudah merasa bosan dalam belajar IPA. Pembelajaran IPA, akan mendapat perhatian dari peserta didik sehingga berubah pada peningkatan hasil belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahap secara berulang, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Sedangkan responden dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas III MIS Hegarmanah Kabupaten Ciamis yang berjumlah 17 peserta didik yang terdiri 8 laki-laki dan 9 perempuan. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu dengan lembar observasi guru, lembar observasi peserta didik dan tes tulis yang berbentuk pilihan ganda. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa rata-rata persentase hasil belajar kognitif peserta didik sebelum menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Word Square adalah 47,64%. Setelah menerapkan model pembelajaran Cooperative Learning tipe word square aktivitas guru dan peserta didik pada proses pembelajaran berlangsung mengalami perubahan. Hal ini terbukti bahwa aktivitas guru dalam siklus I nilai rata-rata mencapai 70,58%, dan siklus II nilai rata-rata aktivitas guru mencapa 94,11%, adapun hasil aktivitas peserta didik dalam siklus I nilai rata-rata mencapai 59,08%, dan dalam siklus II hasil aktivitas peserta didik mencapai 90,90%, selain itu pada proses pembelajaran berlangsung setelah tindakan dilaksanakan mengalami perubahan yaitu dalam siklus I tindakan-1 sebesar 61,52% dan tindakan-2 yaitu 71,82 %. Sedangkan dalam siklus II tindakan-1 yaitu 83,82 % dan tindakan-2 yaitu 88,70%. Hasil belajar pada setiap siklusnya dapat terbukti dalam siklus I nilai rata-rata peserta didik mencapai 66,67% dan Siklus II nilai rata-rata peserta didik 86,26%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Cooperative Learning; word square; belajar kognitif;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students
Elementary Education > Elementary School
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Rizal Mohamad Sihabudin
Date Deposited: 07 Aug 2019 01:35
Last Modified: 07 Aug 2019 01:36
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/22658

Actions (login required)

View Item View Item