Evaluasi kebijakan peraturan nomor 2 tahun 2016 tentang pembentukan dan tata kerja di Unit Pengumpul Zakat di Universitas Padjadjaran

Romadhon, Wildan (2018) Evaluasi kebijakan peraturan nomor 2 tahun 2016 tentang pembentukan dan tata kerja di Unit Pengumpul Zakat di Universitas Padjadjaran. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (158kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (133kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (98kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (98kB) | Request a copy

Abstract

Kebijakan Peraturan Badan Zakat Nasional (Baznas) Nomor 2 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Tata Kerja Unit Pengumpul Zakat di Universitas Padjadjaran memiliki tujuan untuk menghimpun, mengelola, mendistribusikan dan mendayagunakan zakat infak dan sedekah. Kebijakan tersebut diwujudkan melalui Unit Pengumpul Zakat (UPZ) sebagai penyokong mahasiswa yang kurang mampu secara finansial, yang ditunjukkan masih banyaknya mahasiswa yang drop out. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menggambarkan proses pelaksanaan evaluasi kebijakan pelaksanaan UPZ Universitas Padjadjaran: Faktor yang menjadi kendala evaluasi kebijakan UPZ Universitas Padjadjaran: dan Implikasi kendala terhadap eksistensi UPZ Universita Padjadjaran. Penelitian ini menggunakan teori evaluasi kebijakan dari William. N. Dunn yang mengatakan bahwa evaluasi kebijakan dipengaruhi oleh enam dimensi yaitu: (1) Efektivitas, (2) Efisiensi, (3) Kecukupan, (4) Perataan, (5) Responsivitas, (6) Ketepatan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis metode deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan studi pustaka. Adapun teknik analisisnya menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil bahwasannya evaluasi kebijakan Peraturan Baznas Pusat Nomor 2 Tahun 2016 ini belum berjalan optimal. Hal itu dikarenakan masih ada di antara muzaki yang secara potensial belum berpartisipasi kepada pihak UPZ Unpad dan para mustahik yang belum seluruhnya merasakan kepuasan atas pelayanan dan pemberian dana zakat infak dan sedekah. Selain itu, sumber daya manusia yang ada di UPZ Unpad masih terbatas, khususnya di jajaran pengurus. Hal itu karena semua pengurus adalah dosen di Unpad yang memiliki aktivitas di luar dari UPZ Universitas Padjadjaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi kebijakan peraturan; pembentukan dan tata kerja; Unit Pengumpul Zakat;
Subjects: General Management > Planning and Strategic Management
General Management > Decision Making Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Wildan Romadhon
Date Deposited: 09 Aug 2019 02:34
Last Modified: 09 Aug 2019 02:34
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/22747

Actions (login required)

View Item View Item