Penerapan model pembelajaran Group Investigation dengan Make a Match untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa: Penelitian tindakan kelas pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas V Sekolah Dasar Negeri Setiamanah Mandiri 1

Fachrurrohman, Tajibulloh (2018) Penerapan model pembelajaran Group Investigation dengan Make a Match untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa: Penelitian tindakan kelas pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas V Sekolah Dasar Negeri Setiamanah Mandiri 1. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (238kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (535kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan disalah satu SDN di Kota Cimahi, dengan subjek penelitian siswa kelas V yang berjumlah 29 orang. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan sebelum proses penerapan perpaduan model pembelajaran Group Investigation dengan Make a Match. 2) mendeskripsikan proses penerapan perpaduan model pembelajaran model pembelajaran Group Investigation dengan Make a Match. 3) mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar siswa kelas V SDN setiamanah Mandiri 1 dalam pelajaran PAI dengan menggunakan perpaduan model pembelajaran Group Investigation dengan Make a Match. Berdasarkan data awal diketahui bahwa sebagian besar siswa masih pasif dalam mengikuti proses pembelajaran dengan perolehan rata-rata presentase aktivitas belajar siswa sebesar 30,68%. Maka dilakukan penelitian tindakan kelas dengan mengadaptasi model penelitian Kemmis dan Mc Taggart sebanyak dua siklus. Hasil Penelitian menunjukan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa dengan menggunakan proses penerapan perpaduan model pembelajaran model pembelajaran Group Investigation dengan Make a Match Presentase rata-rata ketercapaian dari aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan, diantaranya pada siklus I memperoleh presentase aktivitas belajar siswa sebesar 74,13%, dan pada siklus II memperoleh presentase rata-rata aktivitas belajar siswa sebesar 89,17%. Berdasarkan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan perpaduan model pembelajaran model pembelajaran Group Investigation dengan Make a Match dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Perpaduan model pembelajaran model pembelajaran Group Investigation dengan Make a Match dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa.
Subjects: Islam
Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: tajibulloh fachrurrohman
Date Deposited: 12 Aug 2019 04:42
Last Modified: 12 Aug 2019 04:42
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/22795

Actions (login required)

View Item View Item