Pengaruh jumlah pendapatan asuransi dan pendapatan investasi terhadap Surplus atau Defisit Underwriting pada asuransi Sinarmas-unit Syariah

Kaniasari, Nunung Nurjanah (2017) Pengaruh jumlah pendapatan asuransi dan pendapatan investasi terhadap Surplus atau Defisit Underwriting pada asuransi Sinarmas-unit Syariah. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (381kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (655kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (941kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (600kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA CALON SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (408kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari asumsi bahwa surplus/defisit underwritting dana tabarru’ dipengaruhi oleh kontribusi peserta yang dibayarkan peserta kepada perusahaan asuransi. Selain dari kontribusi peserta, surplus/defisit underwritting dana tabarru’ juga dipengaruhi oleh hasil investasi yang diperoleh perusahaan. Pada perusahan asuransi sinarmas unit syariah, jumlah pendapatan asuransi dan pendapatan investasi mengalami fluktuatif setiap tahunnya. Pada triwulan ketiga sampai keempat tahun 2014 dan triwulan pertama tahun 2015 serta triwulan keempat 2016 terjadi sebuah fenomena bahwa tidak setiap kejadian empiris sesuai dengan teori. Oleh karena itu, peneliti melakukan penelitian seberapa besar pengaruh Jumlah Pendapatan Asuransi dan Pendapatan Investasi terhadap surplus/defisit underwritting pada Asuransi Sinarmas Unit Syariah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) menganalisis pengaruh jumlah pendapatan asuransi secara parsial terhadap surplus atau defisit underwriting perusahaan Asuransi Sinarmas Unit Syariah (2) menganalisi pengaruh pendapatan investasi secara parsial terhadap surplus atau defisit underwriting perusahaan Asuransi Sinarmas Unit Syariah (3) menganalisis pengaruh jumlah pendapatan asuransi dan pendapatan investasi secara simultan terhadap surplus atau defisit underwriting perusahaan Asuransi Sinarmas Unit Syariah Metode penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder dari laporan tahunan 2013 – 2016. Tehnik pengumpulan data yaitu kepustakaan, browsing, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode deskriptif, analisis regresi (sederhana, berganda), analisis korelasi, analisis determinasi, analisis uji hipotesis (uji t dan uji f). Adapun pengolahan data menggunakan SPSS versi 23.0 dan microsoft excel 2010 sebagai penunjang pengolahan data awal. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan secara parsial variabel Jumlah Pemdapatan Asuransi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Surplus/Defisit Underwritting dengan hasil nilai uji t yang menyatakan bahwa thitung > ttabel yaitu (2,643 > 2,145) yang artinya berada di wilayah penolakan Ho dan penerimaan Ha Variabel selanjutnya, secara parsial Pendapatan Investasi terhadap Surplus/Defisit Underwritting berpengaruh positif dan signifikan dengan hasil uji t yang menyatakan bahwa thitung > ttabel yaitu 3,297 > 2,145 maka, berada di wilayah penolakan Ho dan penerimaan Ha. Sedangkan secara simultan bahwa pengaruh Jumlah Pendapatan Asuransi dan Pendapatan Investasi terhadap Surplus/Defisit Underwritting dengan hasil uji f yang menyatakan bahwa Fhitung > Ftabel atau 5,128 > 3,80 maka, berada di wilayah penolakan Ho dan penerimaan Ha.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Jumlah Pendapatan Asuransi; Pendapatan Investasi; Surplus atau Defisit Underwriting;
Subjects: General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 13 Aug 2019 03:03
Last Modified: 13 Aug 2019 03:03
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/22808

Actions (login required)

View Item View Item