Konvergensi media di harian umum Pikiran Rakyat: Studi kasus mengenai penerapan konsep konvergensi media di harian umum Pikiran Rakyat

Rizkya, Mutia Putri (2017) Konvergensi media di harian umum Pikiran Rakyat: Studi kasus mengenai penerapan konsep konvergensi media di harian umum Pikiran Rakyat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (263kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (407kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi komunikasi ditengah peradaban manusia menyebabkan media akan terus mengalami perubahan. Perubahan perubahan yang terus berkembang memunculkan media media baru dalam berkomunikasi. Media-media baru bukan sebagai pesaing, tetapi komplementer bersama media lama. Bagi media konvensional, transformasi ke media digital mau tidak mau harus dilakukan Konvergensi menjadi jawaban bagi media yang akan melakukan perubahan. Media harus melakukan revolusi agar dapat mempertahankan hidupnya selama mungkin. Melalui transformasi media, konvergensi dapat tercapai. Peneliti melakukan penelitian mengenai penerapan konvergensi media di Harian Umum Pikiran Rakyat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penerapan konsep konvergensi media di Harian Umum Pikiran Rakyat beserta implementasinya. Konvergensi media merupakan penggabungan dari beberapa jenis media dan hadir dalam bentuk digital. Perkembangan teknologi internet telah menimbulkan perubahan dan perkembangan dalam dunia komunikasi massa. Karena internet, muncullah media baru atau new media. Kemunculan media baru tersebut mengubah cara masyarakat mendapatkan informasi melalui media. Media lama pun harus beradaptasi. Untuk dapat terus berkompetisi sebagai sumber informasi masyarakat, media tradisional pun melakukan inovasi dengan cara berkonvergensi. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan observasi. Hasil pengamatan dan wawancara dicatatkan dalam bentuk narasi dan tersusun ke dalam bentuk transkrip. Semua jawaban maupun ekspresi narasumber atau responden tercatat secara rinci. Penentuan subjek maupun informan menggunakan pertimbangan key person. Hasil penelitian menunjukan bahwa konvergensi di Pikiran Rakyat sudah berjalan meskipun belum maksimal. Dalam menerapkan konvergensi Pikiran Rakyat memulai dengan perumusan visi misi serta tujuan perusahaan dilanjutkan dengan perumusan kebijakan yang nantinya akan diimplementasikan oleh tiap komponen perusahaan. Masih banyak kekurangan disana sini dalam mengadopsi konsep konvergensi tersebut. Namun PR memiliki kemauan untuk terus berkembang dan mulai serius untuk mengembangkan setiap platform yang dimilikinya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: konvergensi; media massa; koran; majalah
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Ilham Nurfauzi
Date Deposited: 12 Aug 2019 07:21
Last Modified: 06 Feb 2020 04:46
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/22816

Actions (login required)

View Item View Item