Bimbingan melalui metode cerita dalam pembentukan Akhlakul Karimah anak :Studi penelitian di MDT Al-Hidayah Jl. Manisi, RT 004/RW 003, Kp. Kebon Terong, Kel. Pasirbiru, Kec. Cibiru Bandung

Huda, Awaliyah Nurul (2016) Bimbingan melalui metode cerita dalam pembentukan Akhlakul Karimah anak :Studi penelitian di MDT Al-Hidayah Jl. Manisi, RT 004/RW 003, Kp. Kebon Terong, Kel. Pasirbiru, Kec. Cibiru Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (541kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (555kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (540kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (414kB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang bimbingan melalui metode cerita dalam upaya pembentukan akhlakul karimah anak di MDT Al-Hidayah. Secara khusus penelitian ini membahas tentang pelaksanaan bimbingan melalui metode cerita, kondisi anak sebelum dan sesudah diberikan bimbingan melalui metode cerita serta faktor penghambat dan pendukung bimbingan melalui metode cerita. Penelitian ini berawal dari pengamatan penulis terhadap fenomena akhlak anak di MDT yang kurang baik, seperti dalam shalat, cara bertutur kata, penghormatan kepada guru, cara berpakaian dan perilaku membuang sampah. Maka dari itu, dibutuhkan metode untuk mengupayakan pembentukan akhlakul karimah anak, di MDT Al-Hidayah metode yang sering di gunakan adalah metode cerita. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pelaksanaan Bimbingan melalui metode cerita, kondisi akhlak anak sebelum dan sesudah diberikan bimbingan melalui metode cerita serta faktor penunjang dan pendukung pada bimbingan melalui metode cerita dalam pembentukan akhlakul karimah anak. Metode yan digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun dalam menganalisis data peneliti mengumpulkan dan menginventarisir data, mengklasifikasikan data dan terakhir menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data seputar pelaksanaan bimbingan yang disesuaikan dengan unsur-unsur bimbingan yaitu pembimbing adalah seluruh pengajar yang ada di MDT Al-Hidayah, terbimbing adalah seluruh anak yang mengaji di di MDT Al Hidayah, metode: cerita, ceramah, diskusi dan hafalan. Media: speaker, jari tangan, gambar dan buku. Materi yang dibahas adalah di sesuaikan dengan kurikulum, diantaranya tarikh islam yang menceritakan tentang kehidupan Nabi Muhammad. Pada pelaksanaan bimbingan terdapat tiga tahapan, yaitu persiapan, isi dan penutup. Dijelaskan pula tentang kondisi anak sebelum dan sesudah diberikan bimbingan melalui cerita sebagai bahan kajian pada penelitian ini untuk melihat sejauh mana telah terbentuk akhlakul karimah anak yang dibagi dalam beberapa pembahasan yaitu, shalat berjamaah, shalat Qobliyah dan Ba’diyah, Pamit saat akan ke madrasah, cara bertutur kata, menghormati guru, bergaul dan perilaku membuang sampah anak di MDT Al-Hidayah. Setelah mengetahui pelaksanaan dan kondisi anak dapat di ketahui tentang faktor pendukung dan penghambat pada bimbingan melalui metode cerita dalam upaya peningkatan akhlakul karimah anak di MDT Al-Hidayah. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bimbingan melalui metode cerita dapat digunakan sebagai salah satu cara untuk membentuk akhlakul karimah anak dengan dilakukan secara terus-menerus agar perilaku baik dapat terbentuk di diri anak sedini mungkin.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Akhlakul Karimah; Metode Cerita; Fenomena Akhlak;
Subjects: Islam > Da'wah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 13 Aug 2019 02:26
Last Modified: 13 Aug 2019 02:26
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/22837

Actions (login required)

View Item View Item