Pengaruh Current Ratio (CR) dan Total Assets Turnover (TATO) terhadap Return On Asset (ROA) pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII): Studi di PT. Semen Indonesia, Tbk. Periode 2008-2017

Dzikri, Febriyani Falena (2019) Pengaruh Current Ratio (CR) dan Total Assets Turnover (TATO) terhadap Return On Asset (ROA) pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII): Studi di PT. Semen Indonesia, Tbk. Periode 2008-2017. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (377kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (438kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (588kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (842kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (386kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berawal dari permasalahan yang diduga ada dalam laporan keuangan tahunan di PT. Semen Indonesia,Tbk. periode 2008-2017 yang terkait dengan variabel independen dan dependen yang digunakan peneliti. Permasalahan tersebut muncul dikarenakan adanya beberapa fenomena dari data rasio keuangan PT. Semen Indonesia Tbk. Periode 2008-2017 yang selalu fluktuaktif diantara Current Ratio (CR) dan Total Aset Turnover (TATO) yang diikuti perubahan nilai Return On Asset (ROA). Oleh karena itu, peneliti melakukan penelitian untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Current Ratio (CR) dan Total Assets Turnover (TATO) terhadap Return On Asset (ROA). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh Current Ratio (CR) dan Total Aset Turnover (TATO) secara parsial Return On Asset (ROA), dan untuk mengetahui pengaruh Current Ratio (CR) dan Total Aset Turnover (TATO) secara simultan terhadap Return On Asset (ROA) di PT. Semen Indonesia, Tbk. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan sumber data penelitian sekunder yaitu data yang berasal dari laporan keuangan tahunan PT. Semen Indonesia Tbk. yang dianalisis secara parsial yaitu dengan analisis regresi sederhana, analisis koefisien korelasi, koefisin determinasi, dan uji t serta dianalisis secara simutan dengan analisis regresi berganda, korelasi berganda, dan uji F. Didukung oleh SPSS For Windows Versi 25 dimana data yang digunakan adalah data laporan keuangan PT. Semen Indonesia Tbk. periode 2008-2017. Melalui penelitian ini diperoleh kesimpulan: (1) Perhitungan uji t menunjukan besarnya t_hitung > t_tabel (4.536 > 2.306). Maka H0 ditolak dan Ha diterima, yang artinya secara parsial terdapat pengaruh positif yang signifikan antara Current Ratio (CR) terhadap Return On Assets (ROA) pada PT. Semen Indonesia Tbk. (2) Perhitungan uji t menunjukan besarnya t_hitung > t_tabel (6.076 > 2.306). Maka H0 ditolak dan Ha diterima, yang artinya secara parsial terdapat pengaruh positif yang signifikan antara Total Aset Turnover (TATO) terhadap Return On Assets (ROA) pada PT. Semen Indonesia Tbk. (3) Berdasarkan uji F menunjukan bahwa Fhitung > Ftabel (16.316 > 4.74). Maka H0 ditolak dan Ha diterima, yang artinya secara simultan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Current Ratio (CR) dan Total Aset Turnover (TATO) terhadap Return On Assets (ROA) pada PT. Semen Indonesia Tbk.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Current Ratio (CR); Total Aset Turnover (TATO); Return On Asset(ROA)
Subjects: Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: febriyani falena dzikri
Date Deposited: 13 Sep 2019 03:41
Last Modified: 13 Sep 2019 03:48
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/22841

Actions (login required)

View Item View Item