Pengaruh personnel expense dan marketing expense terhadap total expense pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syari’ah Indonesia (ISSI): Studi Kasus Di PT. Indosat Tbk. Periode 2008-2017

Sutiaji, Rifi (2019) Pengaruh personnel expense dan marketing expense terhadap total expense pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syari’ah Indonesia (ISSI): Studi Kasus Di PT. Indosat Tbk. Periode 2008-2017. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (506kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (349kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (677kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (605kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (379kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi untuk melihat seberapa besar jumlah total beban yang ada pada perusahaan karena dalam laporan laba-rugi beban menjadi faktor pengurang pendapatan perusahaan. Jadi, semakin tinggi beban maka pendapatan akan menurun sebaliknya jika beban menurun maka pendapatan akan tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis secara parsial pengaruh Personnel Expense terhadap Total Expense, mengetahui dan menganalisis secara parsial pengaruh Marketing Expense terhadap Total Expense, serta mengetahui dan menganalisis secara simultan pengaruh Personnel expense dan Marketing expense terhadap Total Expense pada PT Indosat Tbk. Periode 2008-2017. Penelitian ini berangkat dari pemikiran bahwa apabila Total Expense yang dimiliki perusahaan tinggi maka tingkat produktifitas perusahaan untuk periode selanjutnya pun tinggi, begitupun sebaliknya apabila tingkat Total Expense yang dimiliki perusahaan rendah maka tingkat produktifitas perusahaan pada periode kedepannya akan semakin rendah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis uji asumsi klasik, metode analisis deskriptif, metode analisis asosiatif dan metode analisis komparatif. Teknik analisis data yang digunakan dalam penilitian ini adalah analisis deskriptif, analisis asosiatif dan analisis komparatif yang meliputi analisis regresi linier dan berganda, analisis korelasi Pearson Product Moment, analisis koefisien determinasi dan berganda, analisis uji hipotesis yaitu uji signifikan parsial (uji t) dan uji signifikan simultan (uji f), uji t-test dan angka baku. Pengelolaan data menggunakan aplikasi SPSS for windows versi 25.0 dan Microsoft Exel 2010 sebagai penunjang pengelolahan data awal. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder dari laporan keuangan yang dipublikasi PT. Indosat Tbk. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa Personnel Expense secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap Total Expense dengan nilai koefisien determinasi sebesar 54,5%, selain itu hasil pengujian hipotesis menunjukan thitung > ttabel dengan nilai 3,095 ≥ 2.306 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Marketing Expense secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap Net Profit Margin (NPM) dengan koefisien determinasi sebesar 62,9%, selain itu hasil pengujian hipotesis menunjukan thitung > ttabel dengan nilai 3,679 ≥ 2,306 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Secara simultan, Personnel Expense dan Marketing Expense berpengaruh positif dan signifikan terhadap Total Expensedengan nilai koefisien determinasi sebesar 64,9% selain itu hasil pengujian hipotesis menunjukan Fhitung > Ftabel dengan nilai 6,468 ≥ 4,74. maka H0 ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Personnel Expense; Marketing Expense; Total Expense;
Subjects: Accounting
Accounting > Financial Reporting
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Rifi Sutiaji
Date Deposited: 14 Aug 2019 03:54
Last Modified: 14 Aug 2019 03:54
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/22863

Actions (login required)

View Item View Item