Pengembangan bahan pengayaan fisika Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) di Kamojang Kabupaten Garut

Nopilawati, Dewi (2019) Pengembangan bahan pengayaan fisika Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) di Kamojang Kabupaten Garut. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (393kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (562kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (746kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (752kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (383kB) | Request a copy

Abstract

Rendahnya literasi fisika peserta didik terhadap PLTP Kamojang melatarbelakangi peneliti untuk melakukan penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Bahan Pengayaan Fisika Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) di Kamojang Kabupaten Garut, juga untuk mengetahui dampak penggunaan bahan pengayaan fisika terhadap literasi PLTP. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari tahapan analysis, design, development, implementation, evaluation. Bahan pengayaan yang sudah divalidasi pada tahap pengembangan diimplementasikan kepada peserta didik. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XII IPA 1 SMA X Garut berjumlah 21 orang dan peserta didik kelas XII IPA 3 SMA Y Garut berjumlah 39 orang. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) bahan pengayaan fisika pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTP) di Kamojang Kabupaten Garut layak digunakan ditunjukkan dengan nilai sebesar 78% juga hasil keterbacaan bahan pengayaan oleh peserta didik sebesar 77%, dan 2) penggunaan bahan pengayaan fisika pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTP) dapat meningkatkan literasi fisika pada peserta didik dengan nilai gain sebesar 0,35 di SMAN X dan 0,37 di SMAN Y dengan kategori sedang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: penelitian pengembangan; bahan pengayaan fisika PLTP; literasi fisika
Subjects: Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Dewi Nopilawati Dewi
Date Deposited: 15 Aug 2019 08:59
Last Modified: 15 Aug 2019 08:59
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/22883

Actions (login required)

View Item View Item