Pengaruh Capital Expenditure (CE) dan Operating Profit Margin (OPM) terhadap Return On Equity (ROE) pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syari'ah Indonesia (ISSI): Studi di PT.Semen Indonesia (PERSERO) Tbk, periode 2007-2016

Ferianaldi, Ferianaldi (2019) Pengaruh Capital Expenditure (CE) dan Operating Profit Margin (OPM) terhadap Return On Equity (ROE) pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syari'ah Indonesia (ISSI): Studi di PT.Semen Indonesia (PERSERO) Tbk, periode 2007-2016. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (431kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (880kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (422kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (944kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB) | Request a copy

Abstract

Sekarang ini perkembangan jumlah perusahaan atau emiten yang terdaftar pada pasar modal di Indonesia semakin pesat dan berdampak positif yang signifikan terhadap perkembangan ekonomi Indonesia dari waktu ke waktu. Persaingan dalam memperoleh sumber modal untuk keberlangsungan perusahaan dan kesejahteraan perusahaan tidak mudah. Para emiten yang awalnya pada posisi bawah, dalam perkembangan ekonomi pun semakin sadar untuk meningkatkan kesejahteraannya dengan memanfaatkan potensi yang ada. Inovasi dalam semua bidang diperlukan agar mampu bersaing dengan baik. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) menganalisa pengaruh Capital Expenditure (CE) terhadap Return On Equity (ROE) pada PT Semen Indonesia (Persero) Tbk secara parsial, (2) menganalisa pengaruh Operating Profit Margin (OPM) terhadap Return On Equity (ROE) pada PT Semen Indonesia (Persero) Tbk secara parsial, (3) menganalisa pengaruh Capital Expenditure (CE) dan Operating Profit Margin (OPM) terhadap Return On Equity (ROE) pada PT Semen Indonesia (Persero) Tbk secara simultan. Metode penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder dari laporan tahunan 2007 – 2016. Tehnik pengumpulan data yaitu kepustakaan, browsing dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode deskriptif, analisis regresi (sederhana, berganda), analisis korelasi, analisis determinasi, analisis uji hipotesis (uji t dan uji F). Adapun pengolahan data menggunakan SPSS for windows versi 16.0 dan microsoft excel 2010 sebagai penunjang pengolahan data awal. Hasil penelitian menunjukan nilai koefisien determinasi (R square) pengaruh Capital Expenditure (CE) secara parsial terhadap Return On Equity (ROE) adalah 0,492 atau 49,2% dan pengaruh Operating Profit Margin (OPM) secara parsial terhadap Return On Equity (ROE) adalah 0,748 atau 74,8% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Kemudian nilai koefisien determinasi (R square) pengaruh Capital Expenditure (CE) dan Operating Profit Margin (OPM) secara simultan adalah 0,932 atau 93,2% berpengaruh terhadap Return On Equity (ROE), sedangkan sisanya 6,8% dipengaruhi oleh faktor lain. Hasil akhir diketahui bahwa Fhitung 47,672 dengan tingkat signifikan 0,000%. Artinya, terdapat pengaruh dan kontribusi yang signifikan antara Capital Expenditure (CE) dan Operating Profit Margin (OPM) secara simultan terhadap Return On Equity (ROE).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Capital Expenditure (CE); Operating Profit Margin (OPM); Return On Equity (ROE);
Subjects: Econmics
Econmics > Data Processing and Analysis of Economic
Econmics > Research Methods of Economic
Administration of Economy
Administration of Economy > Administration of Financial Institutions
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Ferianaldi Ferianaldi
Date Deposited: 16 Aug 2019 07:52
Last Modified: 16 Aug 2019 07:52
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/22900

Actions (login required)

View Item View Item