Zakiah, Neng Rika Siti (2019) Penggunaan media pembelajaran Gomath melalui pendekatan saintifik untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa: Penelitian quasi eksperimen di kelas VIII MTs Ar-Rosyidiyah. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (97kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (157kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf Download (330kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_Bab I.pdf Download (600kB) | Preview |
|
Text (BABA II)
5_Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (936kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (59kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Dapus.pdf Restricted to Registered users only Download (59kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan pemahaman matematis siswa yang masih kurang, selain itu pesatnya perkembangan teknologi diharapkan bisa sedikitnya mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa dengan menggunakan media pembelajaran Gomath melalui pendekatan saitifik. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Ar-Rosyidiyah, teknik pengambilan sampel yaitu menggunakan purposive sampling dengan kelas VIII-C sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-D sebagai kelas kontrol. Instrumen yang diberikan yaitu tes kemampuan pemahaman matematis siswa dan lembar skala sikap. Hasil dari penelitian: (a) terdapat peningkatan kemampuan pemahaman matematis siwa yang menggunakan media pembelajaran Gomath melalui pendekatan saintifik; (b) terdapat peningkatan kemampuan pemahaman matematis siwa yang menggunakan pembelajaran konvensional; (c) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang menggunakan media pembelajaran Gomath melalui pendekatan saitifik dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional; (d) sikap siswa terhadap pembelajaran menggunakan media pembelajaran Gomath melalui pendekatan saintifik pada umumnya siswa memberikan sikap positif. dengan demikian media pembelajaran Gomath lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa. Terimplikasi grand teori Piaget, Kontruktivisme, dan Vygotsky dalam pembelajaran menggunakan media pembelajaran Gomath melalui pendekatan saintifik untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran Gomath; Pendekatan Saintifik; Kemampuan Pemahaman Matematis |
Subjects: | Mathematics Mathematics > Dictionaries and Encyclopedia of Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Neng Rika Siti Zakiah |
Date Deposited: | 19 Aug 2019 02:31 |
Last Modified: | 19 Aug 2019 02:31 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/22937 |
Actions (login required)
View Item |