Pengaruh bimbingan kelompok terhadap kepercayaan diri Siswa : Penelitian di MAN 2 Sukabumi Kabupaten Sukabumi

Septiyanti, Santi (2019) Pengaruh bimbingan kelompok terhadap kepercayaan diri Siswa : Penelitian di MAN 2 Sukabumi Kabupaten Sukabumi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (541kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (431kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (650kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh peristiwa yang terjadi pada siswa yang kurang memiliki kepercayaan diri di MAN 2 Sukabumi Kabupaten Sukabumi. Kepercayaan diri siswa dapat dilakukan dengan beberapa hal atau cara. Salah satu cara yang dilakukan oleh guru BK di MAN 2 Sukabumi Kabupaten Sukabumi adalah dengan pemberian bimbingan kelompok yang dilakukan oleh pembimbing atau guru BK. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok terhadap kepercayaan diri siswa. Bimbingan kelompok merupakan suatu kegiatan bimbingan yang dilakukan dengan sekelompok orang agar menemukan dinamika kelompok untuk menghasilkan pemecahan masalah secara bersama-sama dengan bantuan dari pembimbing. Dinamika yang ada dalam bimbingan kelompok dapat membantu individu untuk percaya diri dengan mengatasi hambatan-hambatan terhadap setiap masalah yang dihadapi. Metode penelitiannya adalah metode ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasinya adalah siswa kelas XI MAN 2 Sukabumi Kabupaten Sukabumi sebanyak 200 orang dengan sampel sebanyak 50 orang yang diambil dari 25 % populasi siswa kelas XI MAN 2 Sukabumi, sampel di bagi dalam dua kelompok, dengan masing-masing kelompok 25 orang siswa. Teknik sampling menggunakkan random sampling (sampel acak), adapun instrumen penelitiannya menggunakan angket. Analisis data menggunakan uji t. Hasil pengujian hipotesisnya adalah t hitung 6,19 dan t tabel 2,010 yang berarti t hitung > t tabel yang berarti hipotesis diterima dan dapat disimpulkan bahwa “ Bimbingan Kelompok berpengaruh terhadap kepercayaan diri siswa di MAN 2 Sukabumi Kabupaten Sukabumi”. ABSTRAK Santi Septiyanti. Bimbingan Kelompok terhadap Kepercayaan Diri Siswa (Penelitian di Kelas X1 MAN 2 Sukabumi Kabupaten Sukabumi). Penelitian ini di latar belakangi oleh peristiwa yang terjadi pada siswa yang kurang memiliki kepercayaan diri di MAN 2 Sukabumi Kabupaten Sukabumi. Kepercayaan diri siswa dapat dilakukan dengan beberapa hal atau cara. Salah satu cara yang dilakukan oleh guru BK di MAN 2 Sukabumi Kabupaten Sukabumi adalah dengan pemberian bimbingan kelompok yang dilakukan oleh pembimbing atau guru BK. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok terhadap kepercayaan diri siswa. Bimbingan kelompok merupakan suatu kegiatan bimbingan yang dilakukan dengan sekelompok orang agar menemukan dinamika kelompok untuk menghasilkan pemecahan masalah secara bersama-sama dengan bantuan dari pembimbing. Dinamika yang ada dalam bimbingan kelompok dapat membantu individu untuk percaya diri dengan mengatasi hambatan-hambatan terhadap setiap masalah yang dihadapi. Metode penelitiannya adalah metode ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasinya adalah siswa kelas XI MAN 2 Sukabumi Kabupaten Sukabumi sebanyak 200 orang dengan sampel sebanyak 50 orang yang diambil dari 25 % populasi siswa kelas XI MAN 2 Sukabumi, sampel di bagi dalam dua kelompok, dengan masing-masing kelompok 25 orang siswa. Teknik sampling menggunakkan random sampling (sampel acak), adapun instrumen penelitiannya menggunakan angket. Analisis data menggunakan uji t. Hasil pengujian hipotesisnya adalah t hitung 6,19 dan t tabel 2,010 yang berarti t hitung > t tabel yang berarti hipotesis diterima dan dapat disimpulkan bahwa “ Bimbingan Kelompok berpengaruh terhadap kepercayaan diri siswa di MAN 2 Sukabumi Kabupaten Sukabumi”.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Kelompok; Kepercayaan Diri; Siswa;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Santi Septiyanti Septi
Date Deposited: 20 Aug 2019 04:09
Last Modified: 20 Aug 2019 04:09
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/22954

Actions (login required)

View Item View Item