Fauziyah, Alfi (2017) Pengaruh metode tamyiz terhadap memori dalam belajar alquran. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (191kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (184kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf Download (269kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf Download (421kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_Bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (676kB) |
||
Text (BAB III)
6_Bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (661kB) |
||
Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (533kB) |
||
Text (BAB V)
8_Bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (278kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (381kB) |
Abstract
Salah satu cara menghafal dan memahami Alquran adalah dengan belajar bahasa arab, Mempelajari Bahasa Arab dikalangan masyarakat dianggap hal yang sulit. Hal yang membuat belajar Bahasa Arab menjadi sulit adalah karena harus memahami dan menguasai ilmu nahwu shorof dalam menerjemahkan, atau mengetahui kedudukan kata tersebut. Dalam hal ini telah diambil data awal dengan mewawancarai 8 orang santri dengan usia rata-rata 13-14 tahun. Lima dari mereka mengatakan bahwa mereka belajar Alquran hanya sebatas sampai bisa membaca dan menghafal tanpa mengetahui arti dan kedudukan dari setiap kalimat tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode Tamyiz terhadap memori dalam menghafal Alquran pada Santri Pondok Pesantren Qur’an Al-lathifah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode True Exprimental dengan menggunakan rancangan penelitian before match after design. Hasil penelitian menunjukan bahwa p-value 0,00 lebih kecil dari koefisien alpha 0,05. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa H0 ditolak artinya terdapat pengaruh metode tamyiz terhadap memori dalam belajar Alquran. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa Metode tamyiz berpengaruh terhadap memori, karena didalam metode tersebut terdapat proses pengulangan dengan frekuensi yang lebih banyak, kemudian terdapat strategi belajar mnemonic yaitu meghafal dengan menggunakan imajinasi dan kata yang dibuat menggunakan lagu-lagu populer. Sehingga, memudahkan santri dalam menyimpan informasi. Kata kunci: Metode Tamyiz, Memori, Santri, Alquran
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Tamyiz; Memori; Santri; Alquran; |
Subjects: | Psychology > Education of Psychology Psychology > Experinmental Research |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi |
Depositing User: | Rizal Mohamad Sihabudin |
Date Deposited: | 21 Aug 2019 01:58 |
Last Modified: | 21 Aug 2019 01:58 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/23019 |
Actions (login required)
View Item |