Nurhaeni, Sri (2017) Metode bimbingan agama dalam perkembangan adaptasi diri peserta didik kelas VII di SMP Negeri 1 Cileunyi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_COVER.pdf Download (203kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf Download (291kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf Download (201kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (658kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (671kB) |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (434kB) |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (301kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (199kB) |
Abstract
Permasalahan yang paling mendasar sebagai fokus masalah pada penelitian ini adalah pada metode bimbingan agama yang digunakan oleh pembimbing dalam membantu peserta didik menghadapi perkembangan adaptasi dirinya baik dengan dirinya sendiri atau dengan lingkungannya. Perkembangan adaptasi ada yang berkarakteristik normal dan ada juga yang tidak normal. Individu yang memiliki karakteristik adaptasi yang normal biasanya bisa menciptakan kenyamanan dan keharmonisan dirinya dengan lingkungannya. Sebaliknya bila seseorang memiliki karakteristik adaptasi yang tidak normal maka tidak terciptanya kenyamanan dan keharmonisan antara dirinya sendiri dengan lingkungannya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui metode yang digunakan oleh pembimbing dalam membantu proses perkembangan adaptasi diri, mengetahui pelaksanaan dalam penerapan metode bimbingan agama yang digunakan untuk mengarahkan peserta didik dalam menghadapi perkembangan dirinya, dan untuk mengetahui faktor penunjang dan penghambat dalam proses pemberian metode bimbingan agama yang diberikan oleh pembimbing. Penelitian ini berpijak dari pemikiran tentang metode pembiasaan yang diterapkan dalam berbagai kegiatan bimbingan keagamaan yaitu meliputi metode ta’lim, metode bimbingan kelompok, metode ceramah dan metode demonstrasi dalam proses pemberian bantuan terhadap individu baik yang memiliki permasalahan ataupun yang tidak memiliki permasalahan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif yaitu menggambarkan secara sistematis dan akurat mengenai hungungan permasalahan yang diselidiki. Sedangkan teknik yang diambil dalam pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yang ditemukan menunjukan bahwa: pertama, metode bimbingan agama yang digunakan adalah metode pembiasaan, diantaranya metode ta’lim, bimbingan kelompok, ceramah dan metode demonstrasi. Kedua, pelaksanaan metode bimbingan agama melalui berbagai kegiatan keagamaan yaitu ekstrakulikuler rohis, keputrian, shalat dhuha bersama, dam membaca al-Qur’an bersama. Ketiga faktor penunjang dalam keberhasilan kegiatan yang menggunakan metode pembiasaan sangatlah beragam terutama datang dari peserta didik dan pembimbing agama.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan Agama; Adaptasi Diri; Metode Ta'lim; |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah |
Depositing User: | rofita fita robi'in |
Date Deposited: | 23 Aug 2019 02:05 |
Last Modified: | 23 Aug 2019 02:05 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/23083 |
Actions (login required)
View Item |