Mustopa, Aprilia (2019) Pembelajaran matematika berbantuan Aplikasi The Geometer's Sketchpad untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa: Penelitian kuasi eksperimen terhadap siswa kelas VIII SMPN 1 Cicalengka. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (80kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (322kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (181kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (682kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (951kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (272kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (324kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang didukung dari hasil studi pendahuluan di salah satu SMP Negeri di Kabupaten Bandung. Salah satu alternatif untuk membantu meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis yaitu dengan pembelajaran berbantuan aplikasi The Geometer’s Sketchpad. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (a) perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa; (b) perbedaan pencapaian kemampuan berpikir kreatif matematis siswa ditinjau dari Pengetahuan Awal Matematika (PAM) siswa; (c) sikap siswa terhadap pembelajaran matematika berbantuan Aplikasi The Geometer’s Sketchpad. Penelitian ini dilakukan di SMPN 1 Cicalengka kelas VIII-A dan VIII-B menggunakan metode kuasi eksperimen. Hasil penelitian sebagai berikut: (a) Peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan pembelajaran berbantuan aplikasi The Geometer’s Sketchpad lebih baik; (b) Pencapaian kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan aplikasi The Geometer’s Sketchpad tidak lebih baik berdasarkan tingkat PAM siswa; (c) Sikap sebagian besar siswa terhadap pembelajaran matematika berbantuan Aplikasi The Geometer’s Sketchpad memberikan sikap positif. Dengan demikian, aplikasi The Geometer’s Sketchpad efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aplikasi The Geometer’s Sketchpad; Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis |
Subjects: | Mathematics > Research Methods of Mathematics Applied mathematics > Programming Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Aprilia Mustopa |
Date Deposited: | 23 Aug 2019 06:06 |
Last Modified: | 23 Aug 2019 06:06 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/23091 |
Actions (login required)
View Item |