Pembelajaran matematika berbantuan Aplikasi The Geometer's Sketchpad untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa: Penelitian kuasi eksperimen terhadap siswa kelas VIII SMPN 1 Cicalengka

Mustopa, Aprilia (2019) Pembelajaran matematika berbantuan Aplikasi The Geometer's Sketchpad untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa: Penelitian kuasi eksperimen terhadap siswa kelas VIII SMPN 1 Cicalengka. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (682kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (951kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang didukung dari hasil studi pendahuluan di salah satu SMP Negeri di Kabupaten Bandung. Salah satu alternatif untuk membantu meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis yaitu dengan pembelajaran berbantuan aplikasi The Geometer’s Sketchpad. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (a) perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa; (b) perbedaan pencapaian kemampuan berpikir kreatif matematis siswa ditinjau dari Pengetahuan Awal Matematika (PAM) siswa; (c) sikap siswa terhadap pembelajaran matematika berbantuan Aplikasi The Geometer’s Sketchpad. Penelitian ini dilakukan di SMPN 1 Cicalengka kelas VIII-A dan VIII-B menggunakan metode kuasi eksperimen. Hasil penelitian sebagai berikut: (a) Peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan pembelajaran berbantuan aplikasi The Geometer’s Sketchpad lebih baik; (b) Pencapaian kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan aplikasi The Geometer’s Sketchpad tidak lebih baik berdasarkan tingkat PAM siswa; (c) Sikap sebagian besar siswa terhadap pembelajaran matematika berbantuan Aplikasi The Geometer’s Sketchpad memberikan sikap positif. Dengan demikian, aplikasi The Geometer’s Sketchpad efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Aplikasi The Geometer’s Sketchpad; Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis
Subjects: Mathematics > Research Methods of Mathematics
Applied mathematics > Programming Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Aprilia Mustopa
Date Deposited: 23 Aug 2019 06:06
Last Modified: 23 Aug 2019 06:06
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/23091

Actions (login required)

View Item View Item