Bimbingan keagamaan untuk meningkatkan kesadaran beribadah :Studi deskriptif bimbingan pada anak didik Lembaga pembinaan khusus anak Sukamskin

Solihah, Ainun (2019) Bimbingan keagamaan untuk meningkatkan kesadaran beribadah :Studi deskriptif bimbingan pada anak didik Lembaga pembinaan khusus anak Sukamskin. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1. cover.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (361kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR IS1.pdf

Download (683kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4. BAB I.pdf

Download (421kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (718kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (487kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (391kB) | Request a copy

Abstract

Lembaga pembinaan khusus anak Sukamiskin terdapat 145 anak yang melakukan kejahatan khususnya di Kota Bandung dan Jawa Barat. Dengan jenis kejahatan yaitu pencurian sebanyak 8 anak, pembunuhan 14 anak, perampokan 13 anak, kejahatan ketertiban 48 anak, perlindungan anak 51 anak, narkoba 1 anak, penganiayaan 6 anak, kesehatan 2 anak, senjata tajam dan senjata api 1 anak, jadi semua total ada 114 anak dari seluruh Jawa Barat. Lembaga pembinaan khusus anak merupakan lembaga yang memberikan pelayanan, perawatan,pembinaan dan pendidikan seluruh kegiatan anak didik lembaga pembinaan khusus anak diawasi oleh petugas sehingga dalam hal beribadah ini, apakah anak melakukan ibadah atas dasar keterpaksaan karena diawasi oleh petugas atau anak melakukan ibadah merupakan kesadarannya karena ingin benarbenar bertaubat. Penelitian di lembaga pembinaan khusus anak untuk meningkatkan kesaaran beribadah pada anak didik yaitu dengan bimbingan keagamaan. Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui tujuan bimbingan keagamaan yang dilaksanakan di Lembaga pembinaan khusus anak Sukamiskin, Mengetahui metode yang digunakan dalam pelaksanaan bimbingan keagamaan di Lembaga pembinaan khusus anak Sukamiskin dan mengetahui karakteristik pembimbing keagamaan di Lembaga pembinaan khusus anak. Bimbingan adalah proses pemberian bantuan kepada individu atau kelompok dengan menggunakan beberapa media dan teknik tertentu yang dilakukan oleh seseorang yang ahli. Kesadaran merupakan sifat atau kebiasaan yang sudah tertanam dalam diri manusia dimana manusia dapat menerima dan memahami dalam situasi dan kondisi apapun. Ibadah secara bahasa arab yaitu “abada-ya’budu ‘ibadatan” yang memiliki makna mengabdi atau berbakti. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif karena peneliti berusaha mendeskripsikan bimbingan keagamaan untuk meningkatkan kesadaran beribadah anak (studi deskriptif ibadah mahdhah pada anak didik di Lembaga pembinaan khusus anak Sukamiskin). Hasil penelitian bimbingan keagamaan menunjukan bahwa bimbingan keagamaan sangat efektif untuk meningkatkan kesadaran beribadah anak didik dilihat dari respon anak didik dan peningkatan ibadah anak didik serta melaksanakan ibadah dengan penuh kesadaran tidak lagi menjalankan peraturan saja. Dengan metode ceramah, diskusi, bimbingan kelompok dan individu maka bimbingan keagamaan mencapai tujuan yang diharapkan lebaga dan pembimbing.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan keagamaan; kesadaran ; ibadah
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: ainun solihah
Date Deposited: 30 Sep 2019 09:03
Last Modified: 30 Sep 2019 09:03
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/23093

Actions (login required)

View Item View Item