Pengaruh bimbingan rohani Islam terhadap makna hidup : Penelitian pada pasien gagal ginjal kronik yang menjalani Hemodialisa di RSUD Gunung Jati Kota Cirebon

Darajat, Fika (2017) Pengaruh bimbingan rohani Islam terhadap makna hidup : Penelitian pada pasien gagal ginjal kronik yang menjalani Hemodialisa di RSUD Gunung Jati Kota Cirebon. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (414kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (472kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (503kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (769kB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB)

Abstract

Bimbingan rohani Islam sebagai pelayanan non medis yang ada di RSUD Gunung Jati Kota Cirebon mengedepankan aspek spiritual pasien, termasuk juga pada pasien Gagal Ginjal Kronik. Pasien Gagal Ginjal Kronik pada dasarnya memiliki harapan hidup untuk diperjuangkan. Harapan hidup termasuk dalam makna hidup. Makna hidup ialah sesuatu yang dianggap berharga dan dapat ditemukan dalam kondisi sakit sekalipun. Namun, dibutuhkan seseorang yang dalam hal ini adalah rohaniawan untuk membimbing pasien Gagal Ginjal Kronik menemukannya dengan menerapkan 3 nilai makna hidup yakni: nilai kreatif, nilai penghayatan dan nilai sikap. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan bimbingan rohani Islam di RSUD Gunung Jati Kota Cirebon dengan melakukan wawancara kepada rohaniawan selaku pembimbing dan beberapa pasien yang dianggap dapat melakukan wawancara; untuk mengetahui kondisi makna hidup pasien Gagal Ginjal Kronik dengan menggunakan analisis perindikator dari aspek nilai-nilai makna hidup dan untuk mengetahui adakah pengaruh bimbingan rohani Islam terhadap makna hidup pasien Gagal Ginjal Kronik di RSUD Gunung Jati Kota Cirebon dengan menguji validitas, reliabilitas, normalitas data dari instrumen yang menggunakan skala likert serta menguji hipotesis. Populasi penelitian adalah pasien Gagal Ginjal Kronik yang menjalani hemodialisa berjumlah 175 orang. Sampel penelitian ini menggunakan purposive sampling dimana sampel penelitian ini berjumlah 35 orang dengan diambil 20% dari jumlah populasi yang ada. Metode yang digunakan penelitian ini ialah metode kuantitatif dianalisis dengan statistik deskriptif. Analisis data menggunakan SPSS versi 18.0. Hasil penelitian bahwa dari 40 item pernyataan hanya 12 yang valid baik pada taraf siginifikansi 5% maupun 1% dengan reabilitas 0,653 untuk makna hidup. Hasil korelasi product moment ditemukan adanya korelasi pada kategori sedang antara nilai penghayatan dan nilai sikap dengan nilai r=0,511. Sedangkan analisis perindikator menunjukkan bahwa aspek nilai kreatif berada pada interval 1,5-2,5 termasuk kategori rendah, nilai penghayatan dan nilai sikap berada pada interval 2,5-3,5 termasuk kategori tinggi. Adapun pelaksanaan bimbingan rohani Islam di RSUD Gunung Jati dilaksanakan rutin mulai hari Senin hingga Sabtu dengan jadwal kunjungan pagi hari 07.00-14.00 WIB dan siang hari 14.00-21.00 WIB dengan mengunjungi ruangan pasien dan materi yang disampaikan tentang ibadah kepada Allah SWT terkait kondisi pasien. Dengan demikian, terdapat pengaruh antara bimbingan rohani Islam dengan makna hidup pasien Gagal Ginjal Kronik di RSUD Gunung Jati Kota Cirebon dari adanya faktor dukungan sosial dan keimanan serta pasien yang menyadari nilai makna hidup berjumlah 25 orang sedangkan yang tidak menyadari nilai makna hidup berjumlah 10 orang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: bimbingan rohani Islam ; pasein gagal ginjal; nilai kreatif;
Subjects: Psychology > Experinmental Research
Applied Psychology > Counseling and Interviewing
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 28 Aug 2019 02:22
Last Modified: 28 Aug 2019 02:22
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/23152

Actions (login required)

View Item View Item