Elmarom, Aufa (2017) Penggunaan media pembelajaran audio visual berbasis film dalam pembelajaran PAI materi akhlak Khulafaurrasidin. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (35kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (196kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf Download (163kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf Download (838kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_Bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (936kB) |
||
Text (BAB III)
6_Bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (372kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (361kB) |
Abstract
Berdasarkan studi pendahuluan di SMP Al-Hidayah Cibungbulang Kab Bogor, guru masih menggunakan media papan tulis dalam pembelajaran. Sehingga siswa cepat merasa bosan dan jenuh dalam pembelajaran serta akhirnya berdampak kepada hasil belajar yang rendah. Padahal seorang guru dituntut mampu memanfaatkan media dengan baik dan benar. Peneliti mencoba menggunakan media audio visual berbasis film dalam pembelajaran, guna melihat sejauh mana peningkatan hasil belajar khususnya ranak kognitif siswa di SMP Al-Hidayah Cibungbulang Kab Bogor. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi (1) penggunaan media audio visual berbasis film dalam pembelajaran PAI di SMP Al-Hidayah Cibungbulang Kab Bogor. (2) hasil belajar ranah kognitif pada mata pelajaran PAI Kelas VII SMP Al-Hidayah Cibungbulang Kab Bogor. (3) pengaruh penggunaan media pembelajaran audio visual berbasis film terhadap hasil belajar ranah kognitif siswa pada mata pelajaran PAI Kelas VII SMP Al-Hidayah Cibungbulang Kab. Bogor. Penelitian berlandaskan pada asumsi bahwa hasil belajar ranah kognitif siswa dipengaruhi penggunaan media audio visual berbasis film. Media audio visual berbasis film mendorong siswa turut aktif dalam proses belajar dan merangsang bertambahnya jumlah indera yang dipakai anak, sehingga mampu meningkatkan hasil belajar. Film memberikan pesan pembelajaran yang lebih jelas dan tidak mudah dilupakan, karena antara melihat dan mendengar dijadikan satu. Metode yang digunakan adalah metode quasi experiment. Teknik pengumpulan data menggunakan teknis tes dan observasi. Analisis data menggunakan pendekatan statistik. Subjek dalam penelitian sebanyak 35 siswa dari Kelas VII A sebagai kelas eksperimen, sementara sebanyak 35 siswa kelas VII B sebagai kelas control. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Penggunaan media audio visual berbasis film dalam pembelajaran PAI di SMP Al-Hidayah Cibungbulang Kab Bogor, terlaksana dengan sangat baik. (2) Hasil belajar ranah kognitif siswa pada mata pelajaran PAI Kelas VII SMP Al-Hidayah Cibungbulang Kab Bogor, diperoleh rata-rata nilai 72,1 dengan kualifikasi 65≤ X ˂80 yang artinya jatuh pada kategori Sedang. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media pembelajaran audio visual berbasis film dalam pembelajaran PAI materi akhlak khulafaurrasidin terhadap hasil belajar ranah kognitif siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media pembelajaran; audio visual; film; khulafaurrasidin; |
Subjects: | Islam > Islamic History Islam Umum > Muslim, Orang Islam, Imam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Rizal Mohamad Sihabudin |
Date Deposited: | 28 Aug 2019 02:59 |
Last Modified: | 28 Aug 2019 02:59 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/23156 |
Actions (login required)
View Item |