Putri, Amelia (2019) Kualitas pelayanan instalasi rawat inap pada Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. Slamet Kabupaten Garut. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (149kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (28kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (34kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (233kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (235kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (233kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (401kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (59kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (115kB) | Request a copy |
Abstract
Pelayanan publik memiliki tujuan untuk mensejahterakan rakyat. Salah satu pelayanan publik yang diberikan oleh pemerintah adalah di bidang kesehatan salah satunya di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr.Slamet Kabupaten Garut. Berdasarkan survei yang dilakukan oleh peneliti ditemukan bahwa terdapat permasalahan mengenai tidak tercapainya standar ideal rumah sakit di RSUD dr.Slamet Kabupaten Garut dan ketidaktepatan waktu pelayanan dokter yang menyebabkan ketidaknyamanan dengan waktu tunggu yang cukup lama. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kualitas pelayanan instalasi rawat inap pada rumah sakit umum daerah (RSUD) dr. Slamet Kabupaten Garut. Penelitian ini terdiri dari satu variabel, yaitu kualitas pelayanan sebagai variabel tunggal. Peneliti menggunakan teori Zeithaml dalam hardiyansyah (2011:42) yang terdiri dari lima dimensi yaitu : (1) Tangibles, (2) Reliability, (3) Responsive, (4) Assurance, (5) Emphaty. Kelima dimensi tersebut sekaligus digunakan sebagai indikator sejauh mana kualitas pelayanan instalasi rawat inap di rumah sakit umum daerah (RSUD) dr. Slamet Kabupaten Garut. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa Tangibles cukup baik dalam segi kualitas fisik pelayanan rumah sakit, namun masih ada beberapa alat-alat rumah sakit yang rusak akibat banjir yang belum diperbaharui dengan yang baru. Dalam Reliability sudah cukup baik dalam segi pendidikan, SOP, serta pelatihan rutin setiap bulan. Perihal Responsivitas sudah sangat baik yang dapat dilihat dari sikap dan perilaku petugas dalam menanggapi dan melayani pasien. Namun, berkaitan dengan Assurance belum baik karena petugas atau pegawai rumah sakit masih belum konsisten dalam mentaati peraturan bekerja. Dan Emphaty sudah cukup baik dalam segi mendahulukan pelayanan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pelayanan;Kualitas Pelayanan;Rawat Inap |
Subjects: | Social Welfare, Problems and Services General Management > Sales Management |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik |
Depositing User: | amelia putri mh |
Date Deposited: | 03 Sep 2019 06:42 |
Last Modified: | 03 Sep 2019 06:42 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/23181 |
Actions (login required)
View Item |