Pengaruh perputaran kas dan perputaran piutang terhadap Current Ratio (CR) pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI): Studi di PT. Ultrajaya Milk Industry & Trading Company Tbk periode 2008-2017

Sartika, Eneng Fitriyani Dewi (2019) Pengaruh perputaran kas dan perputaran piutang terhadap Current Ratio (CR) pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI): Studi di PT. Ultrajaya Milk Industry & Trading Company Tbk periode 2008-2017. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (357kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (766kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (541kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (895kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB) | Request a copy

Abstract

Kas merupakan aktiva yang paling likuid, menilai ketersediaan kas dapat dihitung dari perputaran kas. Perputaran kas menggambarkan kecepatan arus kas kembali menjadi kas yang dapat digunakan oleh perusahaan. Aktiva lancar lain yang likuid adalah piutang, piutang memerlukan waktu yang lebih pendek untuk diubah menjadi kas. Perputaran piutang merupakan rasio yang digunakan untuk mengukur berapa lama penagihan piutang selama satu periode. Analisis rasio likuiditas merupakan salah satu komponen untuk menilai keuangan perusahaan. Apabila perputaran kas dan perputaran piutang tinggi maka suatu perusahaan dapat dikatakan likuid. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Perputaran Kas dan Perputaran Piutang terhadap Current Ratio (CR) pada Perusahaan yang Terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) (Studi di PT. Ultrajaya Milk Industry & Trading Company, Tbk. Periode 2008-2017). Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan adalah data sekunder diperoleh dari Laporan Tahunan Publikasi PT. Ultrajaya Milk Industry & Trading Company, Tbk. dari website resmi www.ultrajaya.co.id. Metode statistik yang digunakan adalah analisis regresi linier, analisis korelasi, analisis koefisien determinasi, dan pengujian hipotesis melalui uji t dan uji F, serta didukung dengan perhitungan menggunakan program aplikasi SPSS For Windows Versi 20.0. Berdasarkan hasil penelitian ini membuktikan bahwa secara parsial Perputaran Kas berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Current Ratio (CR) di PT.Ultrajaya Milk Industry & Trading Company, Tbk. Sebesar 50,6% sisanya sebesar 49,4% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian. Dan hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai thitung < ttabel (-2,865 < 2,30600) yang berarti H0 diterima dan Ha ditolak. Dan secara parsial Perputaran Piutang berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Current Ratio (CR) di PT.Ultrajaya Milk Industry & Trading Company, Tbk. Sebesar 25,6% sisanya sebesar 74,4% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian. Dan hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai thitung < ttabel (1,658 < 2,30600) yang berarti H0 diterima dan Ha ditolak. Secara simultan Perputaran Kas dan Perputaran Piutang berpengaruh positif signifikan terhadap Current Ratio (CR) di PT.Ultrajaya Milk Industry & Trading Company, Tbk. Sebesar 64,7% sisanya sebesar 35,3% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian. Dan hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai Fhitung > Ftabel (6,401 > 4,74) yang berarti Ha diterima dan H0 ditolak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: perputaran kas; perputaran piutang; Current Ratio (CR);
Subjects: Financial Economics, Finance
Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Eneng Fitriyani Dewi Sartika
Date Deposited: 04 Sep 2019 08:50
Last Modified: 04 Sep 2019 08:50
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/23228

Actions (login required)

View Item View Item