Manajemen pembelajaran pondok tradisional: Studi di Pondok Darul Barakah 45 M.1 T.Bana A.Muang CH.Pattani 94000 Thailand Selatan

Bidohbudee, Miss. Saina (2017) Manajemen pembelajaran pondok tradisional: Studi di Pondok Darul Barakah 45 M.1 T.Bana A.Muang CH.Pattani 94000 Thailand Selatan. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (530kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (631kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (678kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_ Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB)

Abstract

Pondok Darul Barakah yang terletak di daerah 45 M.1 T.Bana A.Muang CH.Pattani 94000, siswa di pondok ini ada 1348 orang dan menjadi pondok yang paling banyak siswanya diantara pondok yang lain di Thailand Selatan. Sejak berdiri terus berusaha agar mampu mempersiapkan generasi muda calon pemimpin umat dalam menghadapi kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi dan tuntutan masyarakat. Untuk dapat mencapai visi, misi dan tujuan banyak upaya yang dilakukan pondok sehingga dalam pelaksanaannya banyak melibatkan unsur juga kegiatan yang membutuhkan manajemen yang baik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui program, pengorganisasian pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, pengawasan pembelajaran dan dampak pelaksanaan manajemen pembelajaran terhadap mutu di pondok Darul Barakah 45 M.1 T.Bana A.Muang CH.Pattani 94000 Thailand Selatan. Penelitian bertolak dari pemikiran bahwa manajemen merupakan bagian penting dan berpengaruh besar terhadap mutu sebuah pondok pesantren. Terdapat beberapa teori manajemen yang dapat digunakanuntuk mengetahui bagaimana manajemen pondok Darul Barakah yang perlu dianalisis mengenai komponen utama pondok pesantren yaitu program pembelajaran, pengorganisasian pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, pengawasan pembelajaran dan dampak pelaksanaan manajemen pembelajaran terhadap mutu pendidikan santri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriftif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara (interview). Dan dokumentasi data kualitatif meliputi reduksi data, display data, penfasiran data dan terakhir membuat simpulan. Berdasarkan hasil penelitain mengenai manajemen pondok Darul Barakah, menunjukkan bahwa manajemen pondok sudah berjalan dengan manager utamanya adalah para ustadz. Namun demikian dalam pelaksanaannya dibantu oleh para pengurus sesuai dengan porsi, tugas dan tanggung jawab masing-masing. Dengan demikian pondok Darul Barakah telah melakukan manajerial yang baik walaupun belum ideal. Dengan keinginan kuat dan semangat memajukan sistem pendidikan kepesantrenan, maka manajemen pembelajaran Pondok Darul Barakah dapat berubah dari bentuk salafi masih dapat direkonstruksi menjadi pembelajaran modern.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pembelajaran; Pondok Tradisional
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Zulfa Sofyani Putri
Date Deposited: 02 Sep 2019 04:40
Last Modified: 17 Jan 2022 04:16
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/23255

Actions (login required)

View Item View Item