Pengaruh financing to deposit ratio (fdr) dan non performing financing (npf) terhadap net core operational margin (ncom) pada PT. Bank BNI Syariah tahun 2014 – 2016

Iqbal, Muhammad (2017) Pengaruh financing to deposit ratio (fdr) dan non performing financing (npf) terhadap net core operational margin (ncom) pada PT. Bank BNI Syariah tahun 2014 – 2016. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (271kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (376kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB)

Abstract

Laba operasional Bank Syariah adalah laba yang dihasilkan dari kegiatan operasional berupa pembiayaan. Laba operasional Bank Syariah dapat berupa margin/keuntungan dan imbalan bagi hasil. Pengukuran laba operasional pada Bank Syariah dapat diukur dengan rasio Net Core Operational Margin (NCOM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Financing to Deposit Ratio (FDR) dan Non Performing Financing (NPF) terhadap Net Core Operational Margin (NCOM) secara parsial dan simultan dengan Net Imbalan (NI) sebagai proksi Net Core Operational Margin (NCOM) Bank BNI Syariah Tahun 2014-2016. Kerangka berpikir penelitian ini adalah bahwa perolehan laba operasional dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Faktor internal diantaranya adalah jumlah penyaluran pembiayaan (FDR) dan risiko pembiayaan (NPF). Diduga kedua faktor ini berpengaruh terhadap Net Core Operational Margin (NCOM). Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif analisis kuantitatif. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah studi dokumentasi. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda. Selanjutnya dilakukan uji t (uji keberartian koefisien regresi) dan uji F (uji keberartian regresi). Diduga bahwa jumlah penyaluran pembiayaan (FDR) berpengaruh positif signifikan dan risiko pembiayaan (NPF) berpengaruh negatif signifikan terhadap perolehan laba operasional (NCOM) secara parsial dan diduga berpengaruh signifikan secara simultan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Financing to Deposit Ratio (FDR) secara parsial berpengaruh terhadap Net Core Operational Margin (NCOM) dengan nilai koefisien determinasi 2,4%, sisanya 97,6 adalah variabel lain yang tidak dimasukkan kedalam penelitian ini. Hasil uji t menunjukkan pengaruh tidak signifikan dengan nilai thitung 0,498 < 2,228 ttabel. 2) Non Performing Financing (NPF) berpengaruh terhadap Net Core Operational Margin (NCOM) dengan nilai koefisien determinasi sebesar 46,2%, sisanya 53,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukkan kedalam penelitian ini. Hasil uji t menunjukkan pengaruh yang signifikan dengan nilai thitung -2,932 > -2,226 ttabel. 3) Financing to Deposit Ratio (FDR) dan Non Performing Financing (NPF) secara simultan terbukti berpengaruh signifikan terhadap Net Core Operational Margin (NCOM). Hasil analisis koefisien determinasi Financing to Deposit Ratio (FDR) dan Non Performing Financing (NPF) terhadap Net Core Operational Margin (NCOM) adalah 50,3%, sisanya sebesar 49,7% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Financing to Deposit Ratio (FDR); Non Performing Financing (NPF); Net Core Operational Margin (NCOM)
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil
Financial Economics, Finance > Banks
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Ilham Nurfauzi
Date Deposited: 02 Sep 2019 04:25
Last Modified: 02 Sep 2019 04:25
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/23256

Actions (login required)

View Item View Item