Penggunaan media pembelajaran Powerpoint Game melalui pendekatan Saintifik untuk meningkatkan kemampuan pemahaman Matematis siswa: Penelitian kuasi eksperimen di Kelas VIII SMP Negeri 46 Bandung

Nurjanah, Nurjanah (2019) Penggunaan media pembelajaran Powerpoint Game melalui pendekatan Saintifik untuk meningkatkan kemampuan pemahaman Matematis siswa: Penelitian kuasi eksperimen di Kelas VIII SMP Negeri 46 Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftarisi.pdf

Download (476kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (978kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
5_Bab2.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB III)
6_Bab3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
8_Bab5.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftarpustaka.pdf

Download (230kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pesatnya perkembangan teknologi dan kemampuan pemahaman matematis siswa yang rendah. Pembelajaran menggunakan powerpoint game menjadi salah satu alternatif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (a) perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa; (b) perbedaan pencapaian kemampuan pemahaman matematis siswa berdasarkan kategori PAM (tinggi, sedang, rendah); (c) sikap siswa terhadap penggunaan powerpoint game dalam pembelajaran matematika. Populasi penelitian ini adalah kelas VIII dengan pengambilan sampel menggunakan teknik Random Sampling, sehingga diperoleh sampel kelas VIII-A dan VIII-B. Instrumen yang digunakan yaitu tes kemampuan pemahaman matematis dan lembar skala sikap siswa. Hasil penelitian sebagai berikut: (a) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman matematis; (b) tidak terdapat perbedaan pencapaian antara siswa yang menggunakan media powerpoint game melalui pendekatan saintifk dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional berdasarkan kategori PAM (tinggi, sedang, rendah); (c) Sikap siswa terhadap pembelajaran matematika menggunakan media powerpoint game sebagian besar siswa memberikan respon positif. Dengan demikian, powerpoint game efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Powerpoint Game;Pendekatan Saintifik; Pemahaman Matematis
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Nurjanah
Date Deposited: 03 Sep 2019 02:10
Last Modified: 03 Sep 2019 02:10
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/23269

Actions (login required)

View Item View Item