Layanan bimbingan kelompok untuk mengatasi perilaku ghasab dikalangan santri: Penelitian di Pondok Pesantren persis 67 Benda Tasikmalaya

Hilmiati, Hanifah (2019) Layanan bimbingan kelompok untuk mengatasi perilaku ghasab dikalangan santri: Penelitian di Pondok Pesantren persis 67 Benda Tasikmalaya. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (378kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (583kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6-bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (657kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena ghasab yang terjadi di pondok pesantren persis 67 Benda Tasikmalaya, ghasab merupakan perilaku menggunakan barang tanpa seizin pemiliknya, perilaku tersebut sudah menjadi mata rantai di pondok pesantren persis 67 Benda. Sehingga timbul kebiasaan-kebiasaan santri menggunakan barang milik orang lain tanpa izin pemilikan. Fenomena tersebut menjadi dasar mengapa layanan bimbingan sangat dibutuhkan di pondok pesantren untuk mengatasi perilaku ghasab dikalangan santri. Jika dibiarkan perilaku ghasab akan merugikan orang lain karena telah merampas hak milik orang lain. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui latar belakang terjadinya perilaku ghasab di Pondok Pesantren Persis 67 Benda Tasikmalaya, mengetahui langkah-langkah untuk mengatasi perilaku ghasab melalui bimbingan kelompok di pondok pesantren persis 67 Benda Tasikmalaya, dan mengetahui layanan bimbingan kelompok untuk mengatasi perilaku ghasab di Pondok Pesantren Persis 67 Benda Tasikmalaya. Penelitian ini didasari pada kerangka pemikiran bahwasannya layanan bimbingan kelompok untuk mengatasi perilaku ghasab dikalangan santri perlu dilakukan, karena layanan bimbingan kelompok merupakan salah satu layanan bimbingan yang dapat membantu santri untuk menghilangkan kebiasaan berperilaku ghasab, dan membiasakan diri menggunakan barang dengan meminta izin terlebih dahulu. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, dengan tujuan untuk menjelaskan dan menggambarkan proses layanan bimbingan kelompok untuk mengatasi perilaku ghasab di Pondok Pesantren Persis 67 Benda Tasikmalaya, dengan teknik pengumpulan data yakni observasi, wawancara, dokumentasi, dan pemasukan kesimpulan. Hasil Bimbingan kelompok untuk mengatasi perilaku ghasab dikalangan santri Pondok Pesantren Persis 67 Benda Tasikmalaya ditempuh melalui teknik diskusi kelompok, para santri saling berinteraksi dan saling bertukar pendapat mengenai bahaya ghasab. Berdasarkan pencapaian yang telah dilakukan melalui layanan bimbingan kelompok bahwa santri mengalami perubahan yang positif, sudah mengalami pengurangan, dan berkurangnya perilaku ghasab. Perubahan yang nyata dapat dilihat dari informan yang menyatakan bahwa tidak ada lagi santri yang mengeluh karena barang nya ada ditempat lain, dan para santri sudah mulai menjalankan perencanaan untuk membuat peraturan yang ketat di asrama.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan kelompok; Ghasab; Santri;
Subjects: Applied Psychology > Counseling and Interviewing
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Hanifah Hilmiati Amienullah
Date Deposited: 19 Sep 2019 04:31
Last Modified: 19 Sep 2019 04:31
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/23270

Actions (login required)

View Item View Item