Pengaruh pemberian insentif terhadap kinerja pegawai pada Dinas pendapatan Daerah Kabupaten Kuningan

Insani, Addisa Zulfa (2016) Pengaruh pemberian insentif terhadap kinerja pegawai pada Dinas pendapatan Daerah Kabupaten Kuningan. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (488kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II ADISSA ZULFA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (385kB)
[img] Text (BAB III)
5_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (385kB)
[img] Text (BAB IV)
6_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (918kB)
[img] Text (BAB V)
7_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB)

Abstract

Insentif merupakan salah satu faktor penting bagi pegawai guna memotivasi seseorang untuk melakukan pekerjaan melebihi apa yang diinginkan oleh perusahaan atau organisasi. Disamping itu, insentif sebagai imbalan juga berfungsi sebagai penghargaan bagi pegawai yang melakukan suatu pekerjaan melebihi target yang ditentukan, yang besarnya tergantung dari hasil yang dicapai baik berupa finansial maupun non-finansial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pemberian Insentif, Kinerja Pegawai, dan Pengaruh Pemberian Insentif terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Kuningan. Landasan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah dimensi dari Heidjrachman Ranupandoyo (2011) yaitu uang, motivasi dan prestasi kerja. Untuk kinerja pegawai peneliti menggunakan dimensi dari Wilson Bangun (2012) yang terdiri dari: kualitas pekerjaan, ketepatan waktu dan kemampuan kerjasama. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan asosiatif, dan analisis deskriptif verivikatif. Teknik pengambilan data melalui kuesioner yang disebar kepada 79 responden (dari 87 pegawai hanya diambil semua Pegawai Negeri Sipil sebanyak 79) dengan menggunakan sampel jenuh di Dinas Pendaptan Daerah Kabupaten Kuningan. Pengujian korelasi menggunakan Person moment dan untuk menentukan seberapa besar pengaruh Pemberian Insentif terhadap Kinerja Pegawai menggunakan uji-t dan uji-f dengan program SPSS versi 22. Berdasarkan koefisien regresi sebesar 0.663 artinya bahwa setiap peningkatan atau penambahan pemberian uang insentif sebesar satu satuan dalam skala interval meningkatkan kinerja pegawai di Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Kuningan sebesar 0.663 atau satuan. Dengan demikian koefisien bernilai positif artinya terjadi hubungan positif antara uang insentif dengan kinerja pegawai. Koefisien regresi sebesar 0.674 artinya bahwa setiap peningkatan atau penambahan motivasi sebesar satu satuan dalam skala interval akan meningkatkan kinerja pegawai di Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Kuningan 0.674 satuan. Dengan demikian koefisien bernilai positif artinya terjadi hubungan positif antara motivasi dengan kinerja pegawai. Dan koefisien regresi sebesar 0.357 artinya bahwa setiap peningkatan atau penambahan prestasi kerja sebesar satu satuan dalam skala interval akan meningkatkan kinerja pegawai di Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Kuingan sebesar 0.357 satuan. Dengan demikian koefisien bernilai positif artinya terjadi hubungan positif antara prestasi kerja dengan kinerja pegawai. Berdasarkan hasil pengujian bahwa pengaruh pemberian insentif terhadap kualitas kinerja pegawai sebesar 48.3% sedangkan sisanya sebesar 51.7% dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti oleh peneliti.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Uang Insentif; Motivasi; Prestasi Kerja; Kinerja Pegawai; Kualitas Pekerjaan; Ketepatan Waktu; Kemampuan Kerjasama;
Subjects: Public Administration > Public Administration in Indonesia
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 05 Sep 2019 01:41
Last Modified: 05 Sep 2019 01:41
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/23279

Actions (login required)

View Item View Item