Peranan rumah inspirasi sebagai Corporate Social Responsibility (CSR) PT. Pertamina dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat: Studi deskriptif di Kelurahan Dangdeur Kecamatan Subang Kabupaten Subang

Hasanah, Upi Uswatun (2017) Peranan rumah inspirasi sebagai Corporate Social Responsibility (CSR) PT. Pertamina dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat: Studi deskriptif di Kelurahan Dangdeur Kecamatan Subang Kabupaten Subang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (524kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (469kB)
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (467kB)
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB)

Abstract

Manusia tidak terlepas dari kebutuhan hidup dalam setiap harinya, tentunya hal ini di dorong dengan kebutuhan lingkungan dan ekonomi. Namun dalam peningkatan keseimbangan lingkungan dan ekonomi manusia selalu mengalami kesulitan. Dalam hal ini Rumah inspirasi mempunyai program dalam pemberdayaan lingkungan agar kebutuhan perekonomian masyarakat Dangdeur dapat mencapai kesejahteraan hidup dan mengurangi kemiskinan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisisprogram, kegiatan pemberdayaan yang dilaksanakan rumah inspirasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di kelurahan Dangdeur Subang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan studi kepustakaan. Analisa data dalam penelitian ini menggunakan penafsiran logika yang dihubungkan dengan kontek pengembangan masyakat Islam. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori kesejahteraan masyarakat yang berpendapat bahwa kesejahteraan pada hakekatnya ditujukan untuk tercapainya standar kehidupan pokok manusia seperti ekonomi, kesehatan, dan pendidikan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa program rumah inspirasi adalah: 1) sanggar inspirasi dan bank runtah (sampah). 2) implementasi kegiatan sanggar inspirasi adalah Dangdeur english club, ngamumule kasundaan, bengkel kreatif, dan taman baca. Sedangkan bank runtah kegiatannya membuat Bahan Bakar Alternatif (BBA), biogas, dan menabung sampah. 3) hasil kegiatan rumah inspirasi mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat baik dari segi perekonomiannya, pekerjaannya, keterampilan, dan terhadap kesadaran dalam menjaga lingkungan. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa peranan rumah inspirasi sebagai Corporate Social Responsibility (CSR) dari PT. Pertamina dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di kelurahan Dangdeur kabupaten Subang terbukti berhasil.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Corporate Social Responsibility (CSR); Kesejahteraan Masyarakat;
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Research of Social Interaction
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Rizal Mohamad Sihabudin
Date Deposited: 03 Sep 2019 06:32
Last Modified: 03 Sep 2019 06:32
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/23286

Actions (login required)

View Item View Item