Pengaruh Current Ratio (CR) dan Total Assets Turn Over (TATO) terhadap Dividend Payout Ratio (DPR) pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII): Studi di PT. Astra International Tbk periode 2008-2017

Felitiana, Felitiana (2019) Pengaruh Current Ratio (CR) dan Total Assets Turn Over (TATO) terhadap Dividend Payout Ratio (DPR) pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII): Studi di PT. Astra International Tbk periode 2008-2017. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (296kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (909kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (519kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (934kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB) | Request a copy

Abstract

Dalam menentukan suatu keputusan dividen yang akan dibagikan perusahaan kepada para investor, dapat di ukur menggunakan pendekatan rasio pembayaran dividen atau Dividend Payout Ratio. Dividend Payout Ratio adalah suatu keputusan untuk menentukan seberapa besar bagian dari pendapatan perusahaan yang akan di investasikan kembali (reinvestment) atau ditahan (retained) pada perusahaan. Besaran Dividend Payout Ratio salah satunya dipengaruhi oleh Current Ratio dan Total Asset Turn Over yang peneliti jadikan sebagai variabel independent. Secara teori Current Ratio dan Total Asset Turn Over berpengaruh positif, semakin tinggi Current Ratio perusahaan dan Total Assets Turn Over maka semakin besar pula nilai Dividend Payout Ratio, sebab jika likuiditas perusahaan baik, maka berpengaruh pada perputaran aset perusahaan, hal ini akan berpengaruh pada perolehan laba perusahaan yang nantinya akan di bagikan kepada para investor. Namun temuan dalam laporan keuangan PT. Astra International Tbk terdapat ketidaksesuaian dengan teori. Laporan keuangan PT. Astra International Tbk menjadi objek dari penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui dan menganalisa pengaruh Current Ratio terhadap Dividend Payout Ratio PT. Astra International Tbk secara parsial, (2) mengetahui dan menganalisa pengaruh Total Assets Turn Over terhadap Dividend Payout Ratio PT. Astra International Tbk secara parsial, (3) mengetahui dan menganalisa Current Ratio dan Total Assets Turn Over terhadap Dividend Payout Ratio PT. Astra International secara simultan. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder dari laporan keuangan PT. Astra International Tbk periode tahun 2008-2017. Teknik pengumpulan data yaitu dokumentasi, kepustakaan, dan browser. Analisis data menggunakan metode analisis asumsi klasik, analisis deskriptif, analisis regresi (sederhana, berganda), analisis korelasi, analisis determinasi, analisis uji hipotesis (uji t dan uji F). Adapun pengolahan data menggunakan SPSS for windows version 16.0 dan microsoft excel 2010 sebagai penunjang pengolahan data awal. Hasil penelitian menunjukkan secara parsial nilai uji t pengaruh Current Ratio terhadap Dividend Payout Ratio adalah 0,844 < 2,306 atau thitung < ttabel yang artinya terdapat pengaruh positif tidak signifikan. Sedangkan pengaruh Total Assets Turn Over terhadap Dividend Payout Ratio adalah -0,098 > 2,306 atau thitung < ttabel yang artinya terdapat pengaruh negatif tidak signifikan. Kemudian secara simultan nilai uji F pengaruh Current Ratio dan Total Assets Turn Over terhadap Dividend Payout Ratio adalah Fhitung < Ftabel yakni 0,407 < 4,74 dengan nilai signifikansi 0,680. Artinya, terdapat pengaruh positif tidak signifikan antara Current Ratio dan Total Assets Turn Over terhadap Dividend Payout Ratio.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Current Ratio (CR); Total Assets Turn Over (TATO); Dividend Payout Ratio (DPR)
Subjects: General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Felitiana Felitiana
Date Deposited: 06 Sep 2019 08:06
Last Modified: 06 Sep 2019 08:06
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/23315

Actions (login required)

View Item View Item