Pembelajaran sistem ekskresi berbasis edutainment dengan tutor sebaya untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa : di kelas viii SMP Pasundan Subang

Susilawanti, Meilani (2017) Pembelajaran sistem ekskresi berbasis edutainment dengan tutor sebaya untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa : di kelas viii SMP Pasundan Subang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (362kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)

Abstract

Pembelajaran berbasis edutainment dengan tutor sebaya merupakan salah satu alternatif pembelajaran yang bisa diterapkan dalam pembelajaran biologi. Dalam pembelajaran ini siswa diajak belajar dengan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa, pengaruh pembelajaran berbasis edutainment dengan tutor sebaya terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa, keterlaksanaan pembelajaran, serta respon siswa pada pembelajaran sistem ekskresi berbasis edutainment dengan tutor sebaya. Metode penelitian menggunakan Quasi Eksperimen. Penelitian dilaksanakan di kelas VIII SMP Pasundan Subang. Teknik pengambilan sampel adalah teknik cluster sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah seperangkat tes keterampilan berpikir kritis, angket, dan lembar observasi. Analisis data penelitian meliputi uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis dan Gain. Pengumpulan data diperoleh dari test dengan jumlah 10 soal essay untuk pretest dan postest dan. Hasil penelitian pada kelas menggunakan pembelajaran berbasis edutainment dengan tutor sebaya diperoleh hasil respon siswa terhadap pembelajaran pada kelas dengan pembelajaran berbasis edutainment dengan tutor sebaya rata-rata 4,09 dengan kategori tinggi. Berdasarkan hasil analisis data postest diperoleh nilai thitung = 4,13 dan ttabel = 2,01 pada taraf signifikansi 5%. Maka thitung > ttabel, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan metode pembelajaran edutainment dengan tutor sebaya terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi sistem ekskresi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: sistem ekskresi; edutainment; tutor sebaya
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Ilham Nurfauzi
Date Deposited: 04 Sep 2019 01:29
Last Modified: 04 Sep 2019 01:29
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/23319

Actions (login required)

View Item View Item