Falah, Miftahul (2015) Persepsi siswa teradap peran guru PAI sebagai pembimbing akhlak hubungannya dengan akhlak siswa di sekolah : penelitian pada kelas viii di SMP Bakti Nusantara 666. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (145kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (167kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (155kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (335kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (277kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (286kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (162kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (159kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh asumsi bahwa persepsi siswa terhadap peran guru PAI sebagai pembimbing akhlak dapat menjadi stimulus timbulnya akhlak siswa di sekolah. Fenomena yang terjadi menunjukan adanya kesenjangan antara persepsi siswa teradap peran guru PAI sebagai pembimbing akhlak dengan akhlak siswa disekolah, disatu sisi guru sudah maksimal memberikan bimbingan kepada peserta didik baik melalui bimbingan yang bersifat individual maupun bimbingan yang bersifat kelompok, disisi lain masih banyak peserta didik yang belum sepenuhnya mampu menyerap dan menerima segala hal yang berhubugan dengan bimbingan akhlak. Dari fenomena tersebut muncul permasalahan yang harus diteliti, yakni bagaimana hubungan persepsi siswa teradap peran guru PAI sebagai pembimbing akhlak dengan akhlak siswa disekolah. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui persepsi siswa terhadap peran guru PAI sebagai pembimbing akhlak hubungannya dengan akhlak siswa disekolah, mengetahui realitas akhlak siswa di sekolah, dan mengetahui hubungan antara persepsi siswa terhadap peran guru PAI sebagai pembimbing akhlak dengan akhlak siswa di sekolah Kerangka pemikiran penelitian ini adalah bahwa untuk membentuk akhlak siswa disekolah lebih dahulu harus mengetahui sejauh mana persepsi siswa terhadap peran guru PAI itu sendiri, sebab antara persepsi siswa terhadap peran guru PAI sebagai pembimbing akhlak dengan akhlak siswa diduga terdapat hubungan yang signifikan. Data penelitian dikumpulkan dengan cara angket, observasi, wawancara, dan studi kepustakaan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Sampelnya sebanyak 40 orang siswa SMP Bakti Nusantara 666. Data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif dengan pendekatan logis dan statistik. Berdasarkan hasil penelitian di lapangan diperoleh data persepsi siswa SMP Bakti Nusantara 666 terhadap peran guru PAI sebagai pembimbing akhlak adalah sangat tinggi (nilai rata-rata 4,68). Sedangkan akhlak siswa disekolah adalah sangat tinggi (nilai rata-rata 4,47). Dan pengaruh persepsi siswa terhadap peran guru PAI sebagai pembimbing akhlak terhadap akhlak siswa disekolah sebesar 16%, berarti ada faktor lain sebesar 84% yang turut mempengaruhi akhlak siswa disekolah. Dengan demikian persepsi siswa terhadap peran guru PAI sebagai pembimbing akhlak mempunyai hubungan yang signifikan dengan akhlak siswa disekolah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pendidikan agama islam; akhlak; bimbingan |
Subjects: | Islam > Islamic Religious Education Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ilham Nurfauzi |
Date Deposited: | 04 Sep 2019 01:39 |
Last Modified: | 04 Sep 2019 01:39 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/23320 |
Actions (login required)
View Item |