Problem psikis lansia dan upaya mengatasinya melalui bimbingan keagamaan : studi deskriptif di panti sosial Tresna Wredha Budi Pertiwi Kota Bandung

Saepah, Saepah (2016) Problem psikis lansia dan upaya mengatasinya melalui bimbingan keagamaan : studi deskriptif di panti sosial Tresna Wredha Budi Pertiwi Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (265kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (357kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB)

Abstract

Panti sosial Tresna Wredha Budi Pertiwi senantiasa mengadakan kegiatan-kegiatan yang positif yang mana kegiatan yang dilakukannya sesuai dengan kemampuannya, minat dan bakat mereka (lansia) sehingga mereka dapat mengaktualisasikan potensi diri melalui aktivitas yang bermanfaat. Kegiatan lainnya yaitu berupa bimbingan keagamaan. Masalah yang terjadi di Panti sosial Tresna Werdha Budi Pertiwi ini dari segi psikis lansia yang akan diatasi melalui bimbingan keagamaan. Tujuan penelitian ini yaitu : 1) untuk mengetahui keadaan psikis lansia, 2) bimbingan keagamaan, 3) untuk mengetahui hasil bimbingan keagamaan untuk upaya mengatasi problem psikis lansia di Panti Sosial Tresna Werdha Budi Pertiwi. Penelitian ini didasarkan pada kerangka pemikiran bahwa lanjut usia memiliki citra kepribadian diantaranya mudah tersinggung, mudah sedih, pesimis dalam menghadapi masalah yang akan datang dan takut menghadapi kematian. Oleh karena itu kita memiliki tanggung jawab yang besar untuk membimbing lansia. Untuk mensikapi hal tersebut para lansia harus dibekali ajaran agama yang diarahkan dalam menjalani kehidupan dimasa tuanya kearah yang sesuai dengan petunjuk Allah SWT untuk menuju khusnul khatimah serta bahagia dunia dan akhirat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data bertumpu pada observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara mengumpulkan dan menyusun seluruh data yang diperlukan, mengklasifikasikan data-data sesuai dengan jenis masing-masing, setelah itu ditafsirkan dan langkah terakhir di simpulkan. Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1) Keadaan psikis lansia disana kurang baik ditandai dengan sering sakit-sakitan, sering bertengkar sesama penghuni, keadaan fisik yang lemah dan tidak berdaya sehingga harus tergantung pada orang lain, sebagian penghuni belum bisa mengaji, kesepian dikarenakan rindu kepada keluarga. 2) Adapun bimbingan keagamaan yang dilakukan di Panti Sosial Tresna Werdha Budi Pertiwi ini benar-benar berperan penting untuk upaya mengatasi problem psikis lansia. Karena dengan agama mereka saling menghargai dan menghormati antar sesama. Mereka juga bisa mengendalikan emosi ketika mereka marah atau sedih dengan banyak berdzikir. 3) Hasil bimbingan keagamaan dalam upaya mengatasi problem psikis lansia di Panti Sosial Tresna Werdha Budi Pertiwi ini sangat berperan penting. Dengan bimbingan keagamaan mereka bisa menyelesaikan berbagai permasalahan yang menimpa hidup mereka yang membuat hidup mereka tidak tenang. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa bimbingan keagamaan yang berikan kepada lansia untuk mengatasi problem psikisnya yaitu dengan metode ceramah, hapalan dan bed room. Dalam hal ini dapat dikatakan bahwa bimbingan keagamaan cukup baik dan lancar serta berdampak positif bagi lansia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: psikis; lansia; bimbingan keagamaan
Subjects: Applied Psychology
Applied Psychology > Counseling and Interviewing
Islam > Da'wah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Ilham Nurfauzi
Date Deposited: 04 Sep 2019 01:49
Last Modified: 04 Sep 2019 01:49
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/23321

Actions (login required)

View Item View Item