Abdurrahim, Imaduddin (2019) Peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa melalui model pembelajaran Inkuiri Alberta: Penelitian kuasi eksperimen di SMP Laboratorium Percontohan UPI kelas VII. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (144kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (116kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (99kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (387kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (514kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (579kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (860kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (90kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (173kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini membahas cara untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa, salah satunya dengan penerapan model pembelajaran Inkuiri Alberta. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (a) perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran inkuiri alberta dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional, (b) perbedaan pencapaian kemampuan pemahaman matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran model inkuiri alberta dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional berdasarkan tingkat Pengetahuan Awal Matematika (PAM) yang kategorinya tinggi, sedang dan rendah, (c) sikap peserta didik terhadap pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran Inkuiri Alberta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control group Design. Sampel dari penelitian ini yaitu siswa kelas VII-D dan VII-F SMP Laboratorium Percontohan UPI. Data yang diperoleh menggunakan instrumen penelitian berupa tes dan nontes. Berdasarkan hasil penelitian dan pengolahan data n-gain, diperoleh: (a) Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman matematis antara siswa yang menggunakan pembelajaran Inkuiri Alberta dan pembelajaran konvensional, (b) Terdapat perbedaan pencapaian pemahaman matematis dan pembelajaran konvensional berdasarkan tingkat PAM, (c) Sikap positip siswa dalam pembelajaran menggunakan model inkuiri alberta.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemahaman matematis;Inkuiri Alberta;Pengetahuan Awal Matematis;Sikap Siswa |
Subjects: | Education, Research Mathematics > Research Methods of Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Imaduddin Abdurrahim |
Date Deposited: | 10 Sep 2019 06:51 |
Last Modified: | 10 Sep 2019 06:51 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/23400 |
Actions (login required)
View Item |