Manajemen mutu pembelajaran madrasah: Studi kasus di MAN Cililin Kabupaten Bandung Barat

Mulyadi, Mulyadi (2016) Manajemen mutu pembelajaran madrasah: Studi kasus di MAN Cililin Kabupaten Bandung Barat. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (773kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (960kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (478kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB)

Abstract

INDONESIA : Tesis ini membahas manajemen mutu pembelajaran di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Cilililin. Kajiannya dilatarbelakangi oleh mutu pembelajaran yang seringkali belum efektif dan lulusan yang belum memuaskan, sehingga kualitas pembelajaran di madrasah perlu ditingkatkan untuk membantu guru dalam rangka meningkatkan kinerjanya. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan; (1) bagaimana perencanaan mutu pembelajaran di MAN Cililin (2) bagaimana pelaksanaan mutu pembelajaran di MAN Cililin, (3) bagaimana evaluasi mutu pembelajaran di MAN Cililin, dan (4) bagaimana pengawasan mutu pembelajaran di MAN Cililin. Lulusan yang bermutu tidak luput dari proses pembelajaran yang bermutu, untuk mencapai pembelajaran yang bermutu dibutuhkan perencanaan mutu pembelajaran, pelaksanaan mutu pembelajaran, evaluasi mutu pembelajaran dan pengawasan mutu pembelajaran sehingga mencapai tujuan dengan efektif dan efesien. Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan fenomenologi. Datanya diperoleh dengan cara wawancara, observasi, dan studi dokumen. Semua datanya dianalisis dengan analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Kajian ini menunjukkan bahwa: (1) perencanaan mutu pembelajaran di MAN Cililin dimulai dengan penyusunan program kerja. Penyusunan program kerja dilaksanakan pada awal tahun pembelajaran yang didalamnya berisi tentang perencanaan pembelajaran tiap proses pembelajaran. (2) pelaksanaan mutu pembelajaran di MAN Cililin yang dilaksanakan oleh guru madrasah dengan dukungan media dan alat yang lainnya. Pelaksanaannya dilakukan setiap hari pada saat kegiatan proses pembelajaran. (3) evaluasi mutu pembelajarannya, guru melakukan tes untuk peserta didik, baik tes tertulis, lisan, maupun perbuatan yang dilakukan oleh peserta didik pada saat pembelajaran. (4) pengawasan mutu pembelajaran, Kepala Madrasah melakukan pembinaan dengan melaksanakan diskusi kepada staf guru yang ada di madrasah, pembinaan yang diberikan guru untuk mengajar dan memantapkan rencana pembelajaran sebelum kegiatan belajar mengajar. Dalam mengawasi evaluasi pelaksanaan pembelajaran, Kepala Madrasah melaksanakan beberapa pembinaan diantaranya; a) mengadakan pelatihan, b) mengembangkan strategi dan media, d) menilai, dan revisi. Kemudian kepala madrasah sebagai supervisor adalah membuat laporan setiap semester dan setiap tahun terkait dengan pelaksanaan yang sudah dilakukan guru. ENGLISH : This thesis discusses the management of the quality of teaching at Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Cilililin. Study is motivated by the quality of learning that is often not effective and graduates who have not been satisfactory, so the quality of learning at the school needs to be improved to assist teachers in order to improve its performance. This study is intended to answer the problem; (1) how the planning of the quality of teaching in MAN Cililin (2) how the implementation of the quality of teaching in MAN Cililin, (3) how the evaluation of the quality of teaching in MAN Cililin, and (4) how to control the quality of learning in MAN Cililin Graduates are qualified not escape from the learning process quality, to achieve quality learning takes planning quality of learning, the implementation of the quality of learning, evaluation of the quality of teaching and learning quality control so as to achieve objectives effectively and efficiently. The problems addressed through field study using descriptive qualitative method with phenomenological approach. The data obtained by interview, observation and document study. All data were analyzed with data analysis using data reduction, data presentation and verification of data. This study shows that: (1) planning of the quality of teaching in MAN Cililin begins with the preparation of the work program. Preparation of work programs carried out in the early years of learning which contains about lesson planning every learning process. (2) the implementation of the quality of learning in MAN Cililin implemented by madrassa teachers with the support of the media and other tools. Implementation is done every day during the times of the learning process. (3) evaluation of the quality of learning, teachers are doing tests for learners, whether written tests, oral, or acts committed by learners during the learning. (4) the quality control of learning, Principals conduct training to the staff to carry out discussions in madrasah teachers, guidance provided teachers to teach and strengthen the lesson plan before teaching and learning. In overseeing the evaluation of learning, Principals implement some coaching them; a) conducting trainings, b) develop strategies and media, d) assess, and revision. And lastly performed headmaster as supervisor is to make a report each semester and each year related to the implementation that has been done teacher.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Mutu; Pembelajaran
Subjects: General Management > Education, Research of Management
Lumber Technology > Grading Lumber
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Zulfa Sofyani Putri
Date Deposited: 05 Sep 2019 04:47
Last Modified: 17 Jan 2022 03:31
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/23401

Actions (login required)

View Item View Item