Pengaruh Non Performing Financing (NPF) dan pendapatan Margin Murabahah terhadap Earning Before Tax (EBT) pada PT. Bank Mega Syariah

Ma'manah, Nena (2017) Pengaruh Non Performing Financing (NPF) dan pendapatan Margin Murabahah terhadap Earning Before Tax (EBT) pada PT. Bank Mega Syariah. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (452kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (388kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (620kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (795kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (481kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (821kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftapustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (416kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sumber pendapatan terbesar bank syariah yaitu dari aktivitasnya dalam memberikan pembiayaan dalam bentuk jual beli berbasis margin yaitu pembiayaan murabahah. Adapun Non Performing Financing (NPF) adalah rasio yang menggambarkan tingkat pembiayaan bermasalah pada suatu bank akibat nasabah yang tidak bisa memenuhi kewajibannya dari aktivitas pembiayaan. Earning Before Tax merupakan tingkat efisiensi perusahaan dalam memperoleh keuntungan (laba) sebelum laba tersebut dikurangi pajak (laba kotor). Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui tentang pengaruh Non Performing Financing dan Pendapatan Margin Murabahah terhadap Earning Before Tax di PT. Bank Mega Syariah. Teori menunjukkan bahwa jika Non Performing Financing naik, maka Pendapatan Margin Murabahah dan Earning Before Tax menurun, begitupun sebaliknya dikarenakan hubungan yang berbanding terbalik. Tetapi jika Pendapatan Margin Murabahah naik, maka Earning Before Tax ikut naik, begitupun sebaliknya, dan hal ini dikarenakan hubungan yang searah. Namun, faktanya dalam beberapa data yang ditemukan ketika Non Performing Financing naik, Pendapatan Margin Murabahah turun, tetapi Earning Before Tax justru mengalami peningkatan. Oleh karena itu, penulis tertarik melakukan penelitian ini dan dilakukan di Bank Mega Syariah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Selanjutnya dihitung menggunakan analisis regresi sederhana, analisis regresi berganda, analisis Korelasi Product Pearson Moment (PPM), analisis Korelasi Ganda, analisis Koefisien Determinasi, Uji t dan Uji F. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung < ttabel yaitu -2,150 < 2,074 Ho1 diterima dan Ha1 ditolak artinya tidak ada pengaruh signifikan antara Non Performing Financing terhadap Earning Before Tax dengan koefisien determinasi sebesar -17,4% sedangkan -82,6% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Kemudian, thitung > ttabel yaitu 2,421 > 2,074 Ho2 ditolak dan Ha2 diterima artinya ada pengaruh signifikan antara Pendapatan Margin Murabahah terhadap Earning Before Tax dengan koefisien determinasi sebesar 21% dan 79% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain serta hasil analisis uji F ternyata Fhitung > Ftabel yaitu 4,140 > 3,47 Ho3 ditolak dan Ha3 diterima artinya ada pengaruh signifikan antara Non Performing Financing dan Pendapatan Margin Murabahah terhadap Earning Before Tax pada PT. Bank Mega Syariah dengan koefisien determinasi sebesar 28,3% dan 71,7% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Non Performing Financing; Pendapatan Margin Murabahah; Earning Before Tax;
Subjects: Financial Economics, Finance > Banks
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Nena Ma'manah
Date Deposited: 05 Sep 2019 08:28
Last Modified: 05 Sep 2019 08:28
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/23418

Actions (login required)

View Item View Item