sahroni, isep (2017) Implementasi fungsi-fungsi manajemen bimbingan konseling : Penelitian di Madrasah Aliyah Negeri 3 Cianjur. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (99kB) | Preview |
|
|
Text
2_ABSTRAK.pdf Download (102kB) | Preview |
|
|
Text
3_daftar isi.pdf Download (320kB) | Preview |
|
|
Text
4_bab I.pdf Download (460kB) | Preview |
|
Text
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (669kB) |
||
Text
6_bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (156kB) |
||
Text
7_BAB IV .pdf Restricted to Registered users only Download (674kB) |
||
Text
8_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (120kB) |
||
Text
9_daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (217kB) |
Abstract
Bimbingan dan konseling sangatlah penting dalam proses pendidikan, sebab memiliki peranan sentral dalam pemberian bantuan kepada peserta didik agar mampu mencapai perkembangan yang optimal baik secara emosinal, keteraturan dan kesesuaian dengan nilai dan norma yang ada di masyarkat, prestasi belajar, lanjutan jenjang pendidikan, saluran lapangan pekerjaan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui Implementasi Fungsi-fungsi Manajemen Bimbingan dan Konseling di MAN 3 Cianjur dalam (1) Latar Alamiah (2) Perencanaan Bimbingan dan Konseling (3) Pengorganisasian Bimbingan dan Konseling(4) Pelaksanaan Bimbingan dan Konseling (5) Pengawasan Bimbingan dan Konseling (6) faktor penunjang dan penghambat Bimbingan dan konseling (7) Hasil implementasi Fungsi-fungsi Manajemen Bimbingan Konseling di MAN 3 Cianjur. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa hasil pendidikan yang baik adalah keterkaitan antara hasil ujian dengan kemampuan peserta didik dalam mengimplentasi nilai dan norma yang ada di masyarakat ke dalam kehidupan sehari-hari. Kemampuan manajerial dan kecakapan guru bimbingan dan konseling dalam mengimplementasikan fungsi pemahaman, fungsi pencegahan, fungsi pengentasan, fungsi pemeliharaan dan pengembangan. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan teknik Observasi, Wawancara, Dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dengan menelaah dan mempelajari data, unitisasi data, kategorisasi data dan penafsiran data. Uji Absah Data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi, pemeriksaan teman sejawat, kecukupan referensi, uraian terinci. Implementasi Fungsi-fungsi Manjemen Bimbingan dan Konseling di MAN 3 Cianjur meliputi(1) Latar Alamiah Sekolah yang Strategis, (2) Perencanaan meliputi program tahunan, semester, bulanan,dan harian (3) penggorganisasian, prosuderal bimbingan dan konseling dilaksanakan dibawah komando koordinator BK (4) pelaksanaan bimbingan dan konseling meliputi Orientasi, Informasi, Penempatan dan Penyaluran, belajar, jurusan, program latihan, magang, dan kegiatan ekstra kurikuler, Penguasaan Konten, Konseling Perorangan Bimbingan Kelompok, Konseling Kelompok, Konsultasi supervisi Akademik (5) pengawasan dilakukan melalui teman sejawat, laporan dan catatan (6) Faktor pendukung adanya jalur komunikasi dan koordinasi yang baik sedangkan Faktor penghambat yaitu tidak sesuainya keadaan Sumber Daya Manusia dengan kebutuhan yang dihadapi (7) hasil dari Implementasi Fungsi-fungsi Manjemen Bimbingan dan Konseling di MAN 3 Cianjur dapat dilihat dari tercapainya program dan meningkatnya prestasi peserta didik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | fungsi-fungsi manajemen;bimbingan konseling; Madrasah Aliyah Negeri 3 Cianjur; |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | isep sahroni |
Date Deposited: | 06 Sep 2019 09:03 |
Last Modified: | 06 Sep 2019 09:03 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/23468 |
Actions (login required)
View Item |