Hasanah, Lusi Uswatun (2017) Bimbingan keagamaan untuk meningkatkan kecerdasan spiritual siswa di Madrasah Aliyah Ar-Rosyidiyah. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (134kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (141kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (146kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (267kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (417kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (451kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (181kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (154kB) |
Abstract
Bimbingan keagamaan merupakan upaya pemberian bantuan kepada seseorang yang mengalami kesulitan baik lahiriyah maupun bathiniyah. Bantuan tersebut berupa pertolongan mental dan spiritual, agar seseorang mampu mengatasi permasalahannya melalui dorongan kekuatan iman dan taqwa kepada Allah Swt. Penting bagi seseorang untuk memiliki kecerdasan spiritual yang tinggi, agar ia mudah menghadapi tantangan zaman dan mudah mendapatkan kebahagiaan. Apabila seseorang tidak memiliki kecerdasan spiritual, maka ia tidak akan mudah menyesuaikan dirinya dengan lingkungan, tidak memiliki karakter pribadi yang baik, tidak akan mudah meraih kesuksesan dan ketenangan dalam hidupnya. Berdasarkan fenomena yang terjadi, menunjukan bahwa siswa-siswi saat ini mengalami kesulitan dalam belajar, tingkat depresi siswa semakin meningkat, sering membolos ketika jadwal pelajaran, menyontek saat ulangan, pernah mengkonsumsi obat-obat terlarang dan mabuk, sebagian siswa di Sekolah Menengah Atas mengaku pernah mencuri dan berbohong untuk mendapatkan sesuatu. Peristiwa tersebut menunjukan betapa pentingnya para siswa memiliki kecerdasan spiritual yang tinggi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui program bimbingan keagamaan di Madrasah Aliyah Ar-Rosyidiyah, untuk mengetahui pelaksanaan bimbingan keagamaan tersebut, serta untuk mengetahui hasil yang telah dicapai dari bimbingan keagamaan tersebut. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa kecerdasan spiritual merupakan hasil dari perilaku, sikap dan sifat seseorang dalam memaknai kehidupannya. Selain itu, kecerdasan spiritual juga dapat menyeimbangkan antara kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosional. Dilihat dari beberapa aspek yaitu aspek spiritual keagamaan, sosial keagamaan dan etika sosial. Ketiga aspek tersebut dapat menjadi acuan untuk melihat sebarapa tinggi tingkat kecerdasan spiritual siswa. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan angket. Selanjutnya, menggunakan metode analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa, program bimbingan keagamaan melalui Petuah (Pesantren Sabtu Ahad). Dapat memotivasi siswa untuk melanjutkan hafalannya, memperbaiki akhlak atau perilakunya dan memperluas pengetahuan agama.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | bimbingan keagamaan; kecerdasan spiritual; konseling |
Subjects: | Conscious Mental Process and Intelligence Conscious Mental Process and Intelligence > Intelligence and Aptitudes Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Ilham Nurfauzi |
Date Deposited: | 10 Sep 2019 01:28 |
Last Modified: | 10 Sep 2019 01:28 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/23568 |
Actions (login required)
View Item |