Pengaruh jumlah pembiayaan Qardh dan pembiayaan Musyarakah terhadap pendapatan operasional pada PT Bank BPRS Amanah Rabbaniah periode 2013-2016.

Wahyudi, Pentri (2017) Pengaruh jumlah pembiayaan Qardh dan pembiayaan Musyarakah terhadap pendapatan operasional pada PT Bank BPRS Amanah Rabbaniah periode 2013-2016. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (390kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (450kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (347kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (805kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (962kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (396kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB)

Abstract

Perbankan syariah adalah segala sesuatu yang menyangkut tentang Bank Syariah dan Unit Usaha Syariah, mencakup kelembagaan, kegiatan usaha, serta cara dan proses dalam melaksanakan kegiatan usahanya (UU No. 21 tahun 2008 tentang perbankan syariah). Terdapat fluktuasi dalam laporan keuangan triwulan di BPRS Amanah Rabbaniah pada Pembiayaan Qardh, Pembiayaan Musyarakah ke Pendapatan Operasional serta ketidaksesuaian antara teori dengan kenyataan. Semakin naik pembiayaan maka pendapatan akan naik, begitupun sebaliknya. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui pengaruh Jumlah Pembiayaan Qardh terhadap Jumlah Pendapatan Operasional pada PT BPRS Amanah Rabbaniah (2) mengetahui pengaruh Jumlah Pembiayaan Musyarakah terhadap Jumlah Pendapatan Operasional pada PT BPRS Amanah Rabbaniah (3) mengetahui pengaruh Jumlah Pembiayaan Qardh dan Pembiayaan Musyarakah terhadap Jumlah Pendapatan Operasional PT BPRS Amanah Rabbaniah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif, metode analisis regresi sederhana dan regresi linier berganda dengan menggunakan uji asumsi klasik uji t dan uji f, untuk pengolahan data digunakan program SPSSV.20 dan Microsoft Exel 2010 sebagai alat bantu. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan cara dokumentasi, yaitu mengumpulkan laporan kinerja keuangan BPRS Amanah Rabbaniah pada periode tertentu. Hasil penelitian secara parsial yaitu (1) Nilai thitung Jumlah Pembiayaan Qardh diperoleh nilai ttabel sebesar 2,145. Hasil yang di peroleh dari pengujian uji t SPSS sebesar −232 dengan signifikan 0,820. Hal ini tidak memenuhi syarat thitung <ttabel −232<2,145) dengan nilai signifikan 0,820%. Dapat di simpulkan bahwa Ho diterima Ha ditolak yang artinya tidak signifikan antara Jumlah Pembiayaan Qardh terhadap Jumlah Pendapatan Operasional (2)Nilai thitung Jumlah Pembiayaan Musyarakah diperoleh nilai ttabel sebesar 2,145. hasil yang diperoleh dari pengujian uji t SPSS sebesar dengan signifikan 0,639 .Hal ini tidak memenuhi syarat t hitung < Ttabel(0,639 < 2,145) dengan nilai signifikan 0,639%. Dapat disimpulkan bahwa Ho diterima Ha ditolak yang artinya tidak signifikan antara Jumlah Pembiayaan Musyarakah terhadap Jumlah Pendapatan Operasional (3) Hasil penelitian secara simultan yaitu: Nilai fhitung diperoleh nilai f tabel sebesar 3,80 hasil yang di peroleh dari pengujian uji F SPSS sebesar 0,237 dengan signifikan 0,729 Hal ini tidak memenuhi syarat fhitung < ftabel (0,237<3,80) dengan nilai signifikan 0,792%. dapat di simpulkan bahwa Ha ditolak Ho diterima yang artinya tidak signifikan antara Jumlah Pembiayaan Qardh dan Pembiayaan Musyarakah terhadap Pendapatan Operasional pada PT BPRS Amanah Rabbaniah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Jumlah Pembiayaan Qardh; Pembiayaan Musyarakah; Pendapatan Operasional
Subjects: Islam > Islam and Economics
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Ilham Nurfauzi
Date Deposited: 10 Sep 2019 02:41
Last Modified: 10 Sep 2019 02:41
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/23574

Actions (login required)

View Item View Item