Peranan pemberdayaan perempuan Kelompok Wanita Tani (KWT) Indah Lestari dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga : studi deskriptif Di Desa Cibiru Wetan , Cileunyi, Kabupaten Bandung

Supriati, Supriati (2017) Peranan pemberdayaan perempuan Kelompok Wanita Tani (KWT) Indah Lestari dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga : studi deskriptif Di Desa Cibiru Wetan , Cileunyi, Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (296kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB)

Abstract

Kelompok Wanita Tani (KWT) Indah Lestari merupakan wadah untuk para perempuan yang ada di RW 04 Desa Cibiru Wetan yang memberikan akses serta kesempatan dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan yang didampingi oleh Penyuluh Pertanian Kecamatan Cileunyi. KWT Indah Lestari merupakan salah satu kegiatan strategis dalam rangka ikut berpartisipasi untuk pembangunan dalam upaya pemberdayaan perempuan di bidang pertanian dengan memanfaatkan lahan pekarangan untuk menghasilkan beragam pangan lokal yang diharapkan dapat meningkatkan nilai jual dan berdampak pada peningkatan pendapatan keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Program-program yang dilakukan Kelompok Wanita Tani Indah Lestari dalam memberdayakan perempuan di Desa Cibiru Wetan, (2) Usaha-usaha yang dilakukan Kelompok Wanita Indah Lestari dalam memberdayakan perempuan di Desa Cibiru Wetan, (3) Strategi yang dilakukan Kelompok Wanita Indah Lestari dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga di Desa Cibiru Wetan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori pemberdayaan (Roesmidi dan Riza). Asumsi teori ini kemudian dianalogikan dengan pemberdayaan perempuan yang didalamnya terdiri atas pendidikan, ekonomi, psikologi, sosial budaya dan politik. Sedangkan metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menggambarkan dan memberikan penjelasan tentang pemberdayaan perempuan KWT dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga. Teknik Pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Program-progam yang dilakukan dalam memberdayakan perempuan adalah program KRPL dengan program: (a) Pelatihan penyemaian dan membuat bibit hidroponik, (b) Menjalin kerjasama dengan pihak luar untuk pengembangan Kelompok Wanita Tani Indah Lestari, (c) Menyediakan dan menciptakan lapangan pekerjaan, (d) Penanaman sepanjang jalan antara RW 04 dan RW 06 agar terlihat asri dan hijau, dan (e) Mencari pasar untuk penjualan hasil panen. 2) Usaha yang dilakukan dalam memberdayakan perempuan adalah (a) Pemberdayaan melalui pendidikan, (b) Pemberdayaan melalui ekonomi, (c) Pemberdayaan melalui Psikologi, dan (d) Pemberdayaan melalui Politik. 3) Hasil yang dirasakan setelah adanya KWT Indah Lestari adalah adanya peningkatkan dalam kesejahteraan ekonomi, kesejahteraan sosial, dan kesejahteraan psikologi bagi perempuan di RW 04 khususnya yang telah bergabung dengan KWT Indah Lestari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: pemberdayaan perempuan; kelompok wanita tani; kesejahteraan keluarga
Subjects: Farm, Farming
Farm, Farming > Organization and Management of Agriculture
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Ilham Nurfauzi
Date Deposited: 11 Sep 2019 04:16
Last Modified: 11 Sep 2019 04:16
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/23645

Actions (login required)

View Item View Item