Pengaruh total piutang murabahah dan total piutang multijasa terhadap total aktiva pada PT.Baiturridha Pusaka Kebon Jukut Bandung Periode 2015-2017

Fatthurahman, Iqbal (2019) Pengaruh total piutang murabahah dan total piutang multijasa terhadap total aktiva pada PT.Baiturridha Pusaka Kebon Jukut Bandung Periode 2015-2017. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi .pdf

Download (402kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (389kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (637kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (414kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Total Piutang Murabahah yang merupakan akad jual beli barang pada harga asal dengan tambahan keuntungan yang disepakati antara pihak bank dan nasabah dan Total Piutang multijasa merupakan suatu kegiatan penyaluran dana dalam bentuk pembiayaan dalam akad ijarah dalam jasa keuangan pada bank syariah sedangkan Total Aktiva merupakan keselurahan harta yang dimiliki perusahaan. Dalam teori tersebut dapat diasumsikan secara logis bahwa terdapat hubungan antara Total Piutang Murabahah dan Total Piutang Multijasa dengan Total Aktiva bank syariah dikarenakan Total Piutang Murabahah dan Total Piutang Multijasa merupakan salah satu pendapatan bagi bank yang akan mempengaruhi Total Aktiva. Apabila meningkatnya pendapatan dari Total Piutang Murabahah dan Total Piutang Multijasa maka akan meningkat pula Total Aktiva pada perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisa (1) seberapa besar pengaruh Total Piutang Murabahah terhadap Total Aktiva pada PT. BPRS Baiturridha Pusaka Tbk secara parsial, (2) seberapa besar pengaruh Total Piutang Multijasa terhadap Total Aktiva PT. BPRS Baiturridha Pusaka Tbk secara parsial, (3) seberapa besar pengaruh Total Piutang Murabahah dan Total Piutang Multijasa terhadap Total Aktiva PT. BPRS Baiturridha Pusaka Tbk secara simultan. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder dari laporan keuangan PT. PT. BPRS Baiturridha Pusaka Tbk periode tahun 2015-2017. Teknik pengumpulan data yaitu kepustakaan, browser, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis uji asumsi klasik, metode deskriptif, analisis regresi (sederhana, berganda), analisis korelasi, analisis determinasi, analisis uji hipotesis (uji t dan uji F). Adapun pengolahan data menggunakan SPSS for windows version 25.0 dan microsoft excel 2013 sebagai penunjang pengolahan data awal. Hasil penelitian menunjukkan secara parsial nilai uji t pengaruh Total Piutag Murabahah terhadap Total Aktiva adalah thitung > ttabel atau 3.454 > 2.228 yang artinya terdapat hubungan positif signifikan. Sedangkan pengaruh Total Piutang Multijasa terhadap Total Aktiva adalah thitung > ttabel atau 3.755 > 2.228 yang artinya terdapat hubungan positif signifikan. Kemudian secara simultan nilai uji F pengaruh Total Piutang Murabahah dan Total Piutang Multijasa terhadap Total Aktiva adalah Fhitung > Ftabel yakni 51.833 < 4.26 dengan nilai signifikansi 0,000. Artinya, terdapat pengaruh positif signifikan antara Total Piutang Murabahah dan Total Piutang Multijasa terhadap Total Aktiva.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Total Piutang Murabahah; Total Piutang Multijasa; Total Aktiva;
Subjects: Financial Economics, Finance
Financial Economics, Finance > Banks
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Iqbal Fathurrahman
Date Deposited: 12 Sep 2019 08:28
Last Modified: 12 Sep 2019 08:28
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/23670

Actions (login required)

View Item View Item