Pengaruh account receivable turn over (perputaran piutang) dan inventory turn Over (Perputaran Persediaan) terhadap current ratio (CR) pada PT. Indocement Tunggal Prakarsa Tbk periode 2006-2015.

Fitri, Fitri (2017) Pengaruh account receivable turn over (perputaran piutang) dan inventory turn Over (Perputaran Persediaan) terhadap current ratio (CR) pada PT. Indocement Tunggal Prakarsa Tbk periode 2006-2015. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1.-COVER.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (658kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (491kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (408kB)

Abstract

Account receivable turnover (perputaran piutang) merupakan rasio untuk mengukur sampai seberapa cepat perusahaan dapat mengumpulkan piutangnya. Inventory turn over (perputaran persediaan) dalam perusahaan menunjukkan kinerja perusahaan dalam aktivitas operasionalnya. Semakin tinggi tingkat perputaran persediaan, kemungkinan semakin besar perusahaan akan memperoleh keuntungan. Semakin tinggi tingkat account receivable turn over (perputaran piutang) dan inventory turn over (perputaran persediaan) maka semakin cepat pula menjadi kas dan apabila telah menjadi kas berarti kas dapat digunakan kembali dalam operasional perusahaan serta resiko kerugian piutang dan penyusutan persediaan barang dapat diminimalkan sehingga perusahaan akan dikategorikan perusahaan likuid. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh account receivable turn over (perputaran piutang) dan inventory turn over (perputaran persediaan) terhadap current ratio (CR) pada PT. Indocement Tunggal Prakarsat Tbk. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang dianalisis secara parsial yaitu dengan analisis regresi sederhana, analisis korelasi pearson product moment, koefisien determinasi, dan uji t serta dianalisis secara simultan dengan analsisi regresi berganda, korelasi berganda dan uji F. Didukung dengan SPSS for Windows 22.0. Dimana data yang digunakan adalah data sekunder dari PT. Indocement Tunggal Prakarsat Tbk periode 2006-2015. Berdasarkan hasil penelitian, penulis memperoleh kesimpulan bahwa secara parsial account receivable turn over (perputaran piutang) terbukti berpengaruh negatif signifikan terhadap current ratio (CR) dengan hasil nilai t_hitung > t_tabel (-4,698 > 1,8595) dengan nilai signifikan lebih kecil dari nilai probabilitas 0,05 (0,002 < 0,05), maka H_0 ditolak dan H_a diterima. Inventory turn over (perputaran persediaan) terbukti berpengaruh positif signifikan secara parsial terhadap current ratio (CR) dengan hasil nilai t_hitung > t_tabel (4,022 > 1,8595) nilai signifikan lebih kecil dari nilai probabilitas 0,05 (0,004 < 0,05), maka maka H_0 ditolak dan H_a diterima. Secara simultan account receivable turn over (perputaran piutang) dan inventory turn over (perputaran persediaan) berpengaruh positif signifikan secara simultan terhadap current ratio (CR) dengan hasil nilai F_hitung > F_tabel (11,044 > 4,74) dengan nilai signifikan lebih besar dari nilai probabilitas 0,05 yaitu (0,007 > 0,05), maka H_0 ditolak dan H_a diterima.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Account Receivable Turn Over (Perputaran Piutang); Inventory Turn Over (Perputaran Persediaan); Current Ratio (CR);
Subjects: General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 02 Oct 2019 06:00
Last Modified: 02 Oct 2019 06:00
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/23713

Actions (login required)

View Item View Item