Bimbingan melalui metode dzikir untuk membina akhlak santri: Ma’had Tahfiz Rauhdatul Jannah Kampung Selang Ulu Telaga Air Kuching, Sarawak, Malaysia

Azman, Abdullah Usammah Amin (2019) Bimbingan melalui metode dzikir untuk membina akhlak santri: Ma’had Tahfiz Rauhdatul Jannah Kampung Selang Ulu Telaga Air Kuching, Sarawak, Malaysia. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover .pdf

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (267kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (446kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (695kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB) | Request a copy

Abstract

Al-Qur’an dan hadits sudah membekali manusia beberapa cara untuk mengatasi gangguan kejiwaan terlebih yang dialami oleh para santri, Al-Qur’an dan hadits. Salah satu konsep yang diatawarkan adalah berdzikir, dengan berdzikir santri akan menjadi lebih tenang, nyaman dan tentram dan terhindar dari gejala stress yang meraka alami ketika sedang menuntut ilmu di Ma’had. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembinaan akhlak santri di Ma’had Tahfiz Rauhdatul Jannah agar para santri terbiasa dengan berdzikir, dan di harapkan dengan berdzikir akan selalu timbul rasa nyaman pada hati, tidak gelisah, merasa senang malakukan hal positif yang mendekankan diri kepada Allah SWT. Penelitian ini menggunakan metode deskriptis, dengan pendekaan yang dipakai kualitatif. Sumber data dalam penilitian ini yaitu pimpinan pondok, ustadz, pembimbing, pengurus dan santri Ma’had. Teknik pengumpulan data melalui observasi wawancara dan dokumentasi. Dzikir bila dikaji secara mendalam termasuk “Tauhid Uluhiyah” atau “Tauhid Ibadah”, bila ditinjau dari ilmu tasawuf, dzikir termasuk dalam aliran atau madzhab tasawuf amali. Madzhab tasawuf ini adalah madzhab untuk mencapai ma’rifatullah dengan pendekatan dzikir. Hasil penilitian menunjukan bahwa bimbingan metode dzikir di Ma’had Tahfidz Raudhatul Jannah, dilaksanakan melalui beberapa langkah: tahap pendahuluan, tahap pelaksanaan, dan tahap penutupan. Langkah-langkah tersebut sudah terlaksana dengan baik, dan telah dirasakan oleh santri, seperti perasaan tenang, tentram, nyaman, dan lebih merasa dekat dengan Allah SWT. Selain itu, berdasarkan analisis data, ditemukan beberapa kegiatan yang sangat menunjang metode dzikir di Ma’had tersebut, yaitu pelaksanaan metode dzikir dilakukan secara bersama-sama sehingga santri dapat termotivasi dan antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Metode Dzikir; Akhlak; Santri;
Subjects: Applied Psychology > Counseling and Interviewing
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Al-Qur'an dan Terjemahan dalam Bahasa Indonesia
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Mr Abdullah Usammah Amin Azman
Date Deposited: 12 Sep 2019 07:45
Last Modified: 12 Sep 2019 07:45
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/23715

Actions (login required)

View Item View Item