Analisis pemungutan pajak kendaraan bermotor dalam meningkatkan penerimaan pajak daerah pada Pusat Pengelolaan Pendapatan Daerah wilayah kota Bandung II Kawaluyaan

Muttaqien, Imelda Nurul (2019) Analisis pemungutan pajak kendaraan bermotor dalam meningkatkan penerimaan pajak daerah pada Pusat Pengelolaan Pendapatan Daerah wilayah kota Bandung II Kawaluyaan. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (342kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (565kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB) | Request a copy

Abstract

PPPD Wilayah Kota Bandung II Kawaluyaan merupakan instansi yang mengelola pajak daerah yang diantaranya yaitu pajak kendaraan bermotor. Undang-Undang Nomor 28 tahun 2009 tentang perubahan atas Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2000 mengenai Pajak Daerah dan Retribusi Daerah adalah untuk membiayai pengeluaran negara dan daerah khususnya. Namun dapat dilihat dari laporan keuangan pajak kendaraan bermotor tiap tahunnya terjadi peningkatan realisasi, tapi masih ada wajib pajak yang tidak tepat waktu atau nunggak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui cara pemungutan Pajak Kendaraan Bermotor dalam meningkatkan penerimaan Pajak Daerah Pada PPPD Wilayah Kota Bandung II Kawaluyaan, dan Mengetahui Apa saja faktor penghambat pemungutan Pajak Kendaraan Bermotor dalam meningkatkan penerimaan Pajak Daerah pada PPPD Wilayah Kota Bandung II Kawaluyaan. Metodologi penelitian yang digunakan ialah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Untuk mengumpulkan data yang diperlukan, peneliti mendapatkan data primer dengan tekhnik wawancara dan data sekunder berupa arsip dokumen yang didapatkan dari Pusat Pengelolaan Pendapatan Daerah Kota Bandung II Kawaluyaan. Dengan menggunakan teori Pemungutan Pajak menurut Adam Smith dalam buku Oyok Abuyamin (2012: 8): Equality and equity (Keadilan/kesamaan), Certainty (Kepastian hukum), Convenience of paymen (Saat paling tepat/ tepat waktu), dan Economics of collection (Efisien). Hasil dari penelitian menunjukan bahwa Cara pemungutan pajak kendaraan bermotor yang diterapkan di PPPD Kawaluyaan dengan di adakannya kendaraan samling (samsat keliling) yang setiap minggunya ganti-ganti lokasi, layanan-layanan diluar induk ada outlet-outlet, ada yang namanya kios samsat, dan ada OPSGAB (operasi gabungan). Dalam pemungutannya itu dibantu oleh pihak Kepolisian, Jasa Raharja dan Bank BJB.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pajak Daerah; Pemungutan Pajak
Subjects: Public Finance > Taxes and Taxation
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Imelda Nurul Muttaqien
Date Deposited: 02 Oct 2019 12:32
Last Modified: 02 Oct 2019 12:32
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/23737

Actions (login required)

View Item View Item