Pelaksanaan program supervisi akademik Kepala Sekolah: Studi di MTs Ma'arif Cikeruh Jatinangor Kabupaten Sumedang

Rindiani, Ani (2019) Pelaksanaan program supervisi akademik Kepala Sekolah: Studi di MTs Ma'arif Cikeruh Jatinangor Kabupaten Sumedang. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (368kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB1.pdf

Download (318kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (856kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (442kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (831kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pelaksanaan supervisi akademik Kepala Sekolah di MTs Ma’arif Cikeruh Jatinangor Kabupaten Sumedang yang belum maksimal. Secara umum persoalan tersebut meliputi kualitas dan kuantitas supervisi akademik dari Kepala Sekolah yang masih tergolong rendah, banyaknya tugas dan tanggung jawab Kepala Sekolah dan ketidaksiapan guru untuk di supervisi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis program, implementasi, efektifitas program, kendala dan tindaklanjut program supervisi akademik Kepala Sekolah di MTs Ma’arif Cikeruh Jatinangor Kabupaten Sumedang. Teori yang dipakai dalam penelitian ini menurut Glickman bahwa supervisi akademik adalah serangkaian kegiatan membantu guru mengembangkan kemampuannya mengelola proses pembelajaran demi tercapainya tujuan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode deskriptif analitik. Pengumpulan data melalui tehnik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data terdiri dari Kepala Sekolah dan Guru. Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan uji keabsahan datanya dengan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukan, bahwa: (1) Pelaksanaan program supervisi akademik di MTs Ma’arif Cikeruh Jatinangor terdiri dari penentuan tujuan, pengembangan kurikulum, evaluasi perangkat pembelajaran, metoda mengajar, kegiatan pembelajaran, dan pengembangan pengalaman belajar siswa, (2) Implementasi supervisi yang dilakukan di MTs Ma’arif Cikeruh Jatinangor Kabupaten Sumedang dilakukan dengan langkah Pra-observasi, Observasi, dan Pasca-observasi, (3) Pelaksanaan supervisi akademik di MTs Ma’arif Cikeruh Jatinangor Kabupaten Sumedang sudah efektif karena banyak guru yang terbantu dalam mengembangkan kurikulum, mengikuti kegiatan KKG (Kelompok Kerja Guru), dan meningkatkan motivasi guru melaksanakan PTK (Penelitian Tindakan Kelas), (4) Kendala pelaksanaan supervisi akademik di MTs ini meliputi kendala internal yaitu persaingan mutu sekolah yang semakin terasa berat dan kendala eksternal yang meliputi pengengelolaan tingginya tuntutan akuntabilitas dari masyarakat, (5) Tindak lanjut supervisi akademik di sekolah ini terdiri dari pembinaan proses pembelajaran secara langsung dan pembinaan tidak langsung. Selanjutnya pemantapan instrumen supervisi akademik meliputi pembinaan proses pembelajaran dan pemantapan instrument supervisi. Pelaksanaan supervisi akademik kepala MTs Ma’arif Cikeruh Jatinangor telah dilakukan secara berkala dengan menggunakan instrumen supervisi akademik, dalam proses pelaksanaannya diperlukan lagi upaya-upaya peningkatan kualitas supervisi akademik dengan menggunakan strategi dan teknik yang tepat.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Program Supervisi Akademik; Kepala Sekolah;
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Al-Qur'an dan Terjemahannya
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ani Rindiani
Date Deposited: 16 Sep 2019 02:04
Last Modified: 16 Sep 2019 02:04
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/23740

Actions (login required)

View Item View Item