Pelayanan administrasi pernikahan berbasis sistem informasi manajemen nikah di Kantor Urusan Agama Kecamatan Cigombong Kabupaten Bogor

Fauzy, Moch Hasan (2019) Pelayanan administrasi pernikahan berbasis sistem informasi manajemen nikah di Kantor Urusan Agama Kecamatan Cigombong Kabupaten Bogor. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (359kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (434kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (664kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB) | Request a copy

Abstract

Salah satu kebutuhan administratif mengenai pelayanan administrasi pernikahan juga merupakan suatu kebutuhan yang harus dimiliki oleh masyarakat di Indonesia. Pernikahan termasuk erat dengan masalah kewarisan, kekeluargaan sehingga perlu dicatatkan untuk menjaga ketertiban dalam administrasi pernikahan sehingga memiliki kekuatan hukum, baik pernikahan yang dilaksanakan berdasarkan hukum Islam maupun pernikahan yang dilaksanakan yang tidak berdasarkan hukum Islam. Hal tersebut dengan adanya pelayanan administrasi pernikahan berbasis Sistem Informasi Manajemen Nikah mampu berperan untuk meningkatkan mutu dalam pelayanan di Kantor Urusan Agama Kecamatan Cigombong Kabupaten Bogor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui realitas pelayanan administrasi pernikahan berbasis Sistem Informasi Manajemen Nikah dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan di Kantor Urusan Agama Kecamtan Cigombong Kabupaten Bogor dan untuk mengetahui hambata-hambatan dalam pelaksanaan pelayanan dan layanan berbasis Sistem Informasi Manajemen Nikah. Sistem Informasi Manajemen Nikah membantu dalam pelaksanaan aktivitas pengelolaan data informasi, sehingga hal tersebut dapat mengefektifan pelayanan administrasi. Hal tersebut akan memberikan kepuasan jasa layanan yang diberikan yang dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu kualitas pelayanan yang dipersepsikan lima dimensi yaitu : Tangibles (Berwujud), Realiability (kehandalan), Responsive (Respon/ketanggapan), Assurance (jaminan),Empathy (Empati). Metode yang dugunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini diperoleh dengan cara observasi, wawancara, studi pustaka dan studi dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pelayanan di Kantor Urusan Agama Kecamtan Cigombong sudah berjalan dengan baik sesuai dengan peraturan Kementrian Agama yang sudah ditetapkan. akan tetapi terdapat beberapa hambatan-hambatan dalam pelaksanan layanan Sistem Informasi Manajemen Nikah salah satunya dengan hambatan internal yaitu keterbatasan fasilitas untuk menunjang layanan berbasis SIMKAH serta keterbatasan sumberdaya manusia yang kurang memahami IT sedangkan hambatan eksternal yaitu faktor lokasi dan faktor lingkungan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pelayanan; Kualitas Pelayanan; Sistem Informasi Manajemen Nikah;
Subjects: Administration of The Physical Plant
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Moch Hasan Fauzy Suparman
Date Deposited: 18 Sep 2019 02:51
Last Modified: 18 Sep 2019 02:51
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/23764

Actions (login required)

View Item View Item