Manajemen pembelajaran tahfidz Al-Qur'an berbasis metode talaqqi: Penelitian di Pondok Pesantren Al-Hikamussalafiyyah Kabupaten Sumedang

Kartika, Tika (2019) Manajemen pembelajaran tahfidz Al-Qur'an berbasis metode talaqqi: Penelitian di Pondok Pesantren Al-Hikamussalafiyyah Kabupaten Sumedang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (889kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (271kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (939kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (856kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (952kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (737kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTARPUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (659kB) | Request a copy

Abstract

Pondok Pesantren Al-Hikamussalafiyah merupakan pondok pesantren yang memfokuskan pada tahfidz al-qur’an, peneliti menemukan adanya manajemen pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an berbasis metode Talaqqi yang mengakibatkan santri mencapai target hafalannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Manajemen Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an berbasis metode Talaqqi di Pondok Pesantren Al-Hikamussalafiyah Kabupaten Sumedang yang meliputi perencanaan pembelajaran, pengorganisasian pembelajaran, kepemimpinan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. Faktor pendukung dan penghambat pembelajaran serta hasil pembelajaran. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah manajemen pembelajaran menurut Syafruddin dan Irwan yang memiliki fungsi perencanaan pembelajaran, pengorganisasian pembelajaran, kepemimpinan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode penelitian deskriptif. Penelitian ini menggambarkan secara objektif dan apa adanya mengenai Manajemen pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an berbasis metode Talaqqi di Pondok Pesantren Al-Hikamussalafiyah. Berdasarkan hasil penelitian di peroleh kesimpulan bahwa, Pondok Pesantren Al-Hikamussalafiyah merupakan pondok pesantren yang berada dibawah yayasan Mohammad Aliyuddin, dengan berfokus pada pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an berbasis metode Talaqqi. Perencanaan pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an meliputi: pertama, menentukan target hafalan santri; kedua, menentukan strategi dan metode pembelajaran; ketiga, menentukan program kegiatan pembelajaran; keempat, menentukan jadwal dan waktu pembelajaran. Pengorganisasian pembelajaran tahfidz al-qur’an dilaksanakan untuk menentukan struktur dan tugas ustadz/ustadzah serta mekanisme pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an. Kepemimpinan pembelajaran dilakukan ustadz/ustadzah agar pelaksanaan pembelajaran berjalan secara kondusif, yang meliputi pengelolaan kelas dan kegiatan pembelajaran. Evaluasi pembelajaran tahfidz al-qur’an dengan cara melihat hasil belajar santri serta kemampuan santri sesuai indikator yang telah ditentukan pihak pesantren. Faktor Pendukung adalah semangat dari dalam diri, dorongan teman-teman, ustadz/ustadzah serta orang tua dan lingkungan. Faktor Penghambat diantaranya kemalasan dalam diri, rendahnya tingkat kecerdasan, dan kurangnya perhatian orang tua. Keberhasilan Pondok Pesantren Al-Hikamussalafiyyah terlihat dari beberapa prestasi santri saat mengikuti perlombaan Tahfidz Al-Qur’an dalam beberapa tingkat dan kejuaraan. Serta santri yang mengikuti Wisuda Khotmil Qur’an setelah berhasil menghafal 30juz Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Pembelajaran; Tahfidz Al-Qur'an; Talaqqi;
Subjects: General Management > Education, Research of Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Tika Kartika
Date Deposited: 16 Sep 2019 06:29
Last Modified: 16 Sep 2019 06:29
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/23838

Actions (login required)

View Item View Item