Manajemen sekolah berbasis Green School: Studi kasus di SD Bintang Madani Bandung

Nurhayati, Noviana (2017) Manajemen sekolah berbasis Green School: Studi kasus di SD Bintang Madani Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (351kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (559kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (480kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (416kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah berangkat dari landasan Al Qur’an surat Hud ayat 61, bahwasannya Allah SWT menciptakan manusia untuk memelihara dan memakmurkan bumi. SD Bintang Madani merupakan sekolah alternatif yang menghadirkan nuansa pendidikan yang nyaman dan menyenangkan bagi peserta didik dan orang tua, yang bervisi untuk mencetak insan paripurna pemelihara bumi. Sekolah tersebut memiliki konsep berbasis green school, dengan programnya antara lain green building, green environment, green learning, green nutrition, dan green technology. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui manajemen sekolah SD Bintang Madani Bandung, dengan ruang lingkup perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan, berikut monitoring dan evaluasinya, serta faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan. Hal ini disebabkan karena pelaksanaan belum dilakukan secara optimal, oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dengan menggunakan metode deskriptif yakni mendeskripsikan suatu peristiwan kontemporer. Data yang diperoleh, dikumpulkan berdasarkan sumbernya melalui pengamatan (observasi), wawancara, dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam tahap perencanaan telah dilakukan penyusunan kebijakan sekolah berwawasan lingkungan, penyusunan kurikulum berbasis lingkungan, penyelenggaraan kegiatan partisipatif berbasis lingkungan, dan pengelolaan sarana dan prasarana yang ramah lingkungan. Dalam tahap pengorganisasian, cara yang dilakukan adalah dengan melibatkan seluruh warga sekolah, dimulai dari pihak yayasan sampai kepada orang tua (komite sekolah). Dalam tahap pelaksanaan, dilakukan secara bertahap dan berkesinambungan. Empat bidang garapan yang menjadi sentral utama, diturunkan kembali dan terbagi menjadi program prioritas, program jangka pendek, dan program jangka panjang. Oleh sebab itu, dalam pelaksanaan program sekolah diperlukan komitmen yang kuat dan kerjasama dari seluruh pihak seperti guru, komite sekolah, masyarakat dan pemerintah. Pengawasan terhadap jalannya manajemen sekolah berbasis green school ini merupakan kegiatan monitoring sekaligus evaluasi sehingga memastikan program berjalan dengan baik. Pengawasan yang dilakukan ini berkenaan dengan kegiatan yang bersifat partisipatif. Dalam menjalankan pelaksanaan manajemen sekolah berbasis green school, ada beberapa faktor yang berpengaruh, baik yang bersifat mendukung, maupun bersifat menghambat. Salah satu faktor pendukung yang dominannya adalah Sumber Daya Manusia. Keberadaan SDM sangat erat kaitannya dengan kepemimpinan dan tim yang solid. Sedangkan faktor penghambatnya antara lain seperti, perbedaan mindset dan kebiasaan perilaku keseharian untuk peduli terhadap lingkungan, serta perbedaan pola asuh peserta didik di rumah dan di sekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Sekolah; Green School
Subjects: General Management > Education, Research of Management
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Zulfa Sofyani Putri
Date Deposited: 16 Sep 2019 06:10
Last Modified: 19 Jan 2022 03:28
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/23839

Actions (login required)

View Item View Item