Hidayah, Rina Nurul (2017) Layanan responsif dalam manajemen bimbingan dan konseling untuk membentuk karakter siswa di MAN 2 Kota Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (197kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (196kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf Download (188kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf Download (478kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (580kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (565kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (527kB) |
||
Text (BAB V)
8_bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (196kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (410kB) |
Abstract
Penelitian ini berangakat dari fenomena yang terjadi di kalangan remaja yang mengkhawatirkan terkait dengan karakter generasi bangsa. Perlu penanganan yang serius dan berkesinambungan dari semua pihak dan dicari jalan terbaik dalam membangun dan mengembangkan karakter manusia dan bangsa Indonesia agar memiliki karakter yang baik, unggul dan mulia. Pengembangan potensi menjadi kompetensi hidup memerlukan sistem pelayanan pendidikan di sekolah yang tidak hanya mengandalkan pelayanan pembelajaran mata pelajaran/bidang studi dan manajemen saja, tetapi juga pelayanan bantuan khusus yang lebih bersifat psiko-edukasi melalui pelayanan bimbingan dan konseling (BK). Dalam model bimbingan dan konseling komprehensif terdapat beberapa komponen yaitu layanan dasar, layanan perencanaan individual, layanan responsif dan dukungan sistem. Dalam penelitian ini akan lebih difokuskan pada pemberian layanan responsif menggunakan media kotak masalah, dengan alasan siswa nembutuhkan pelayanan yang maksimal dan mengakomodir siswa yang sungkan berkonsultasi langsung kepada konselor. Bimbingan dan konseling merupakan salah satu komponen dari pendidikan, mengingat bahwa bimbingan dan konseling adalah kegiatan bantuan dan tuntutan yang diberikan kepada individu pada umumnya dan peserta didik pada khususnya di sekolah dalam rangka meningkatkan mutu. Berbagai kegiatan bimbingan dan konseling dapat diupayakan untuk mengembangkan potensi dan kompetensi hidup peserta didik yang efektif serta memfasilitasi mereka secara sistematik, terprogram, dan kolaboratif agar setiap peserta didik betul-betul mencapai kompetensi perkembangan atau pola perilaku dalam kondisi yang diharapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui respon siswa MAN 2 Kota Bandung terhadap penyedian kotak masalah dengan merujuk pada prinsip-prinsip manajemen yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan serta untuk mengetahui sejauah mana dampak penyediaan kotak masalah sebagai strategi dalam layanan responsif dalam membentuk karakter siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analitis dengan pendekatan kualitatif. Sementara itu, pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumen. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa.,1) Respons siswa terhadap penyediaan kotak masalah baik, hal ini dibuktikan dengan jumlah siswa yang mengunjungi BK meningkat dan tingkat kepusaan terhadap layanan BK baik yaitu 80% merasa puas dengan layanan yang diberikan., 2) Kegiatan layanan bimbingan dan konseling dilaksanakan dengan menggunakan prinsip-prinsip manajemen yaitu perencanaaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan.,3) Penyediaan kotak masalah berdampak baik terhadap pembentukkan karakter siswa. Hal ini dibuktikan dengan menurunnya angka kesiangan dan meningkatnya jumlah lulusan yang diterima di PTN.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Layanan Responsif; Manajemen Bimbingan dan Konseling; Karakter Siswa |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling General Management > Education, Research of Management |
Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Zulfa Sofyani Putri |
Date Deposited: | 19 Sep 2019 09:07 |
Last Modified: | 19 Jan 2022 02:41 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/24053 |
Actions (login required)
View Item |