Manajemen sekolah full day school: Penelitian di SMP Al-Biruni Bandung

Saepuloh, Asep (2019) Manajemen sekolah full day school: Penelitian di SMP Al-Biruni Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4. bab1.pdf

Download (485kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (460kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (690kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (133kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini berangkat dari banyaknya sekolah full day school yang belum dikelola secara maksimal. Hal ini disebabkan karena jadwal terlalu padat serta guru kelelahan mengakibatkan kontrol kurang maksimal, sehingga perlu dicari sekolah yang baik dalam mengelola manajemen full day school. SMP Al-biruni merupakan alternatif sekolah full day school yang terakreditasi A, Sehingga peneliti memilih sekolah tersebut sebagai sekolah model untuk sekolah full day school yang lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis manajemen SMP Al-biruni Cerdas Mulia Bandung, dengan ruang lingkup perencanaan, pengorganiasasian, implementasi serta pengawasan, berikut monitoring dan evaluasinya, serta faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam implementsinya. Hal ini akan dijadikan model bagi sekolah lain sebagai pedoman manajemen sekolah berbasis full day school. Jenis penelitian ini yang digunakan adalah jenis penelitian dengan menggunakan metode deskriptif yakni mendeskrifsikan suatu peristiwa kontemporer. Data yang diperoleh dikumpulkan berdasarkan sumbernya melalui pengamatan (observasi), wawancara dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam tahap perencanaan program dilakukan penyusunan kebijakan sekolah tentang full day school, kurikulum berbasis full day school, penyelenggraan kegiatan kesiswaan berbasis full day school, pengelolaan sarana pra sarana serta pengembangan tenaga pendidik sebagai penopang manajemen sekolah full day school. Dalam pengorganiasian cara yang dilakukan dengan melibatkan seluruh stakeholder dari mulai pihak yayasan, kepala sekolah, pengawas dan guru sebagai ujung tombak program full day school. Dalam implementasinya dilakukan secara bertahap dan berkesinambungan, lima bidang garapan menjadi sentral utama dan diturunkan kembali menjadi program prioritas, program jangka pendek dan program jangka panjang. Oleh sebab itu, dalam pelaksanaan program memiliki komitmen yang kuat dan kerja sama dari seluruh pihak, seperti kepala sekolah, wakil kepala sekolah dan guru sebagai ujung tombak. Pengawasan terhadap jalannya manajemen sekolah berbasis full day school merupakan kegiatan monitoring, pemantauan sekaligus evaluasi melalui absensi dan rapat harian. Pengawasan dalam hal akademik melakukan kegiatan supervisi berjalan dengan baik. Dalam pelaksanaannya manajemen sekolah berbasis full day school ada beberapa faktor yang berpengaruh baik yang bersifat mendukung maupaun menghambat. Salah satu faktor pendukung yang dominan adalah sumber daya manusia, kaitannya dengan kepemimpinan dan tim yang solid.sedangkan faktor penghambat mengenai keberadaan lingkungan saat musim hujan terkendala oleh banjir meluap .ke area sekolah serta sarana pra sarana yang memerlukan tambahan untuk berlangsungnya manajemen sekolah berbasis full day school.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Sekolah; Sehari Penuh
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Educational Institutions, Schools and Their Activities > School Administration
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Asep Saepuloh
Date Deposited: 07 Oct 2019 14:59
Last Modified: 26 Jan 2022 01:24
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/24100

Actions (login required)

View Item View Item