Pengaruh aktivitas peserta didik dalam mengikuti kegiatan keagamaan (Jum’at Rohani) terhadap minat belajar peserta didik pada Mata Pelajaran PAI:Penelitian terhadap siswa kelas VIII SMPN 54 Bandung

Nurhalimah, Neng (2019) Pengaruh aktivitas peserta didik dalam mengikuti kegiatan keagamaan (Jum’at Rohani) terhadap minat belajar peserta didik pada Mata Pelajaran PAI:Penelitian terhadap siswa kelas VIII SMPN 54 Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (410kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (448kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (372kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (769kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan oleh penulis di SMPN 54 Bandung melalui observasi, penulis mendapat informasi bahwa aktivitas peserta didik dalam mengikuti kegiatan keagamaan (jum’at trohani) mempunyai jiwa semangat yang cukup tinggi, hal tersebut dapat dilihat dari Intensitas kehadiran siswa, antusias siswa, keseriusan siswa, dan Kesungguhan siswa dalam melaksanakan kegiatan. Namun disisi lain minat belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI sebagian besar dapat dikatakan masih rendah. Hal tersebut menunjukan adanya permasalahan yang menarik untuk diteliti. Tujuan dari penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana realitas aktivitas peserta didik dalam mengikuti kegiatan keagamaan (jum’at rohani), realitas minat belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI, serta pengaruh aktivitas peserta didik dalam mengikuti kegiatan keagamaan (jum’at rohani) terhadap minat belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI. Hipotesis yang diajukan yakni semakin tinggi tingkat aktivitas peserta didik dalam mengikuti kegiatan keagamaan (jum’at rohani), maka akan semakin tinggi pula minat belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI, dan begitupun sebaliknya, yakni semakin rendah tingkat aktivitas peserta didik dalam mengikuti kegiatan keagamaan (jum’at rohani), maka akan semakin rendah pula minat belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Penelitian ini menggunakan random sampling 35 siswa kelas VIII SMPN 54 Bandung. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas siswa dalam mengikuti kegiatan keagamaan (jum’at rohani) dalam kategori baik dengan skor rata-rata 3,83, minat belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI termasuk dalam kategori baik dengan skor rata-rata 3,85. Sedangkan pengaruh aktivitas siswa dalam mengikuti kegiatan keagamaan (jum’at rohani) terhadap minat belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI berkorelasi sedang dengan koefisien korelasi sebesar 0,560 berada pada rentang 0,40-0,599 itu artinya ada pada kategori sedang. Hasil uji signifikansi koefisien korelasi menunjukan nilai thitung lebih besar dari ttabel yakni 4,65>1,695 diartikan bahwa hipotesis diterima. Variabel X mempunyi pengaruh terhadap variabel Y sebesar 31,3% yang artinya masih terdapat 68,7% faktor lain yang mempengaruhi variabel Y.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Jum'at Rohani; Minat Belajar; PAI
Subjects: Education, Research
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: neng nurhalimah
Date Deposited: 20 Sep 2019 07:50
Last Modified: 20 Sep 2019 07:50
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/24115

Actions (login required)

View Item View Item