Ekosistem dalam Perspektif Al-Qur’an: Studi Perbandingan Tafsir Al-Jawāhir fi Tafsir Alquran al-Karīm dan Alquran & Ilmu Pengetahuan Kealaman

Abdul Sidik, Azis (2019) Ekosistem dalam Perspektif Al-Qur’an: Studi Perbandingan Tafsir Al-Jawāhir fi Tafsir Alquran al-Karīm dan Alquran & Ilmu Pengetahuan Kealaman. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (356kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (508kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (377kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (636kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengkaji bagaimana Alquran memandang tentang ekosistem yang pada penelitian ini di khususkan pada ekosistem laut, mengkaji penafsiran-penafsiran dari mufassir yang bercorak tafsir ilmi terhadap ayat-ayat ekosistem pada Alquran. dalam penyusunan penelitian ini metode yang digunakan adalah metode studi komparatif, yaitu mencoba mendeskripsikan ayat-ayat Alquran yang berkaitan dengan ekosistem pada kedua tafsir yaitu tafsir al-Jawāhir fi Tafsir Alquran Al-Karīm dan buku tafsir Alquran dan ilmu Pengetahuan Kealaman. Kemudian dianalisis secara kritis serta mencari sisi persamaan dan perbedaan antara kedua tafsir tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan studi komparatif atau perbandingan antara dua tafsir yaitu al-Jawāhir fi Tafsir Alquran Al-Karīm dan Tafsir Alquran dan Ilmu pengetahuan Kealaman. Untuk menganalisis makna ekosistem dalam Alquran, kemudian mencari sisi persamaan dan perbedaan antara kedua tafsir tersebut, sehingga mendapatkan kesimpulan. Sumber yang digunakan dari data primer yaitu kedua tafsir tersebut dan data sekunder yaitu sumber pendukung seperti buku-buku ilmiah, jurnal dan karya tulis lainnya. Hasil penelitan ini menunjukkan bahwa, ekosistem menurut perspektif Alquran dengan mengkaji penafsiran dari Thanthawi Jauhari dan Achmad Baiquni ialah tatanan kehidupan yang saling mempengaruhi satu sama lain yang hakikatnya Allah SWT yang mengatur dan atas kehendaknya, Allah menundukkan segala tatanan ekosistem untuk memberikan kemanfaatan bagi manusia. Dan manusia diberikan amanat oleh Allah untuk menjadi Khalifah di bumi adalah untuk menjaga kelestarian ekosistem tersebut, kerusakan-kerusakan yang terjadi pada tatanan ekosistem menurut penafsiran Thanthawi Jauhari dan Achmad Baiquni adalah ulah manusia yang tidak bertanggung jawab dan tidak mau menjaga kelestarian alam sekitar. Dengan kerusakan-kerusakan terjadi maka akan menimbulkan bencana alam dan sumber daya alam dari tatanan ekosistem berkurang atau bahkan tidak ada lagi. Oleh karena manusia merupakan peran utama untuk menjaga dan memelihara alam sekitar sehingga proses dari hasil ekosistem akan selalu dinikmati bersama. Selain dari menjaga tersebut manusia harus mensyukuri akan nikmat Allah yang diberikan dengan terus beribadah kepadanya, karena salah satu penyebab dari bencana alam dan kerusakan ekosistem menurut Thanthawi Jauhari adalah perbuatan manusia yang berprilaku dzhalim kepada Allah SWT.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Ekosistem; Laut; Abiotik; Biotik; Taskhir
Subjects: Biology > Dictionaries and Encyclopedia of Biology
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Azis Abdul Sidik
Date Deposited: 20 Sep 2019 08:46
Last Modified: 20 Sep 2019 08:46
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/24121

Actions (login required)

View Item View Item